Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Jangan Masukkan Ponsel Basah ke dalam Beras, Kenapa?

Teknologi | Monday, 11 Mar 2024, 06:00 WIB
Beberapa tipe ponsel bisa bertahan di dalam air, meski tidak terlalu lama. Foto: fourstateshomepage.com.

TELEPON seluler [ponsel] kalian mungkin pernah jatuh ke dalam air, atau juga basah karena tersiram air hujan. Nah, ada yang berpendapat bahwa memasukkan ponsel basah ke dalam beras mentah akan menyelamatkannya.

Namun, Apple baru-baru ini memperingatkan agar kalian tidak melakukan hal tersebut. Perusahaan teknologi itu mengatakan ini adalah ide yang buruk karena partikel kecil beras dapat masuk ke dalam ponsel dan malah enyebabkan kerusakan.

Jadi apa yang harus kalian lakukan jika ponsel kalian basah karena jatuh ke dalam air atau karena terkena hujan?

Jika ponsel terjatuh ke dalam air, keringkan dengan kain bersih, bahkan kemeja pun bisa. Matikan telepon. Keluarkan kartu SIM-nya. Lepaskan penutup telepon. Keluarkan baterai, jika memungkinkan. Dan biarkan semuanya mengering pada suhu kamar/ruangan. Kipas angin bisa jadi alat bantu untuk pengeringan.

Karena kalian tidak dapat membongkar iPhone, pihak Apple menyarankan untuk menempelkan ponsel ke tangan dengan port penghubung menghadap ke bawah sehingga air dapat mengalir keluar.

Samsung, pembuat ponsel Android terbesar, menyarankan penggunaan kapas untuk mengeluarkan air dari port. Namun Apple menyarankan untuk tidak memasukkannya ke dalam bukaan iPhone.

Jika ponsel kalian terjatuh ke air laut, air olahan, atau minuman, Samsung menyarankan untuk menyimpannya di air bersih selama beberapa menit. Melakukan hal tersebut akan menghilangkan garam atau zat apa pun yang dapat merusak ponsel.

Baik Apple maupun Samsung menyarankan untuk meninggalkan ponsel di tempat terbuka hingga kering. Yang lebih penting lagi, jangan menggunakan pengering rambut atau memasukkan ponsel ke dalam freezer.

Kebanyakan ponsel baru tahan air. Artinya mereka tahan basah meski dalam waktu singkat.

Apple mengatakan ponsel terbarunya mampu bertahan 30 menit di dalam air hingga kedalaman 6 meter. Ponsel Samsung dapat bertahan dalam jangka waktu yang sama yaitu sekitar 5 meter.

Cara lain untuk mengeringkan ponsel adalah dengan menggunakan silika gel, bahan pengering. Paket silika gel biasanya disertakan dengan produk-produk tertentu, termasuk makanan dan sepatu agar tetap kering. Silika gel dapat membantu mengeringkan ponsel dalam wadah tertutup.

Produsen ponsel mengatakan sulit mengetahui kapan ponsel benar-benar kering. Namun, kemungkinan besar akan memakan waktu beberapa hari. Samsung mengatakan merupakan ide bagus untuk membawa ponsel untuk segera diservis meskipun ponsel yang sempat basah itu telah dapat dinyalakan kembali.***

Sumber: Associated Press, Voice of America

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image