Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AA Pribadi

Berikut Informasi Terkait Lintas Jurusan di SNMPTN 2022 yang Wajib Diketahui

Eduaksi | Friday, 14 Jan 2022, 19:39 WIB

Tidak terasa pendaftaran SNMPTN 2022 sebentar lagi akan dibuka. Banyak siswa SMA, SMK, hingga MA yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk mendaftar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, fenomena lintas jurusan masih menjadi perbincangan hangat di kalangan calon mahasiswa. Sebab, sampai saat ini, masih terjadi perdebatan terkait pendaftaran lintas jurusan di SNMPTN.

Sebetulnya, bagaimanakah aturan terkait lintas jurusan di SNMPTN? Baca ulasan artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lengkap terkait informasi lintas jurusan di SNMPTN 2022.

Pengumuman dari LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT adalah lembaga yang bertanggung jawab sebagai penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi Negeri. LTMPT sudah memberikan pengumuman bahwa pada SNMPTN 2022 nanti, calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke jurusan yang berbeda dari jurusan di sekolahnya masih diperbolehkan.

Namun, ada yang perlu diperhatikan bagi peserta yang memilih lintas jurusan karena lintas jurusan memiliki beberapa risiko. Mereka yang memilih lintas jurusan, tidak memiliki peluang besar untuk diterima di SNMPTN, karena mereka tidak memiliki nilai mata pelajaran yang jadi indikator ketika seleksi rapor.

Selain itu, jika peserta diterima di program studi yang memiliki latar belakang berbeda dari jurusannya sewaktu di sekolah, maka peserta harus bisa mengikuti materi studi yang nantinya akan dipelajari saat kuliah.

Syarat Peserta SNMPTN 2022

Seleksi jalur SNMPTN terbilang cukup istimewa karena pesertanya tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dan tidak perlu melakukan tes. Akan tetapi, tidak semua siswa bisa mendaftar SNMPTN. Berikut syarat-syarat yang wajib dipenuhi siswa supaya dinilai eligible untuk jadi peserta SNMPTN:

1. Peserta merupakan siswa kelas 12 SMA/SMK/MA.
2. Berprestasi akademik dan dapat memenuhi persyaratan sesuai dengan PTN yang dituju.
3. Mempunyai NISN yang sudah terdaftar di PDSS.
4. Mengisi nilai rapor dari semester 1 -5 di PDSS.
5. Bagi peserta yang berasal dari sekolah seni dan olahraga, wajib melampirkan portofolio yang mendukung.

Alur Pendaftaran SNMPTN 2022

Berikut adalah alur pendaftaran SNMPTN 2022 yang dilansir dari situs resmi milik LTMPT:

1. Pengumuman jumlah kuota SNMPTN 2022
2. Sekolah melakukan registrasi akun LTMPT di situs portal.ltmpt.ac.id
3. Siswa kelas 12 melakukan registrasi akun LTMPT di situs portal.ltmpt.ac.id
4. Pengumuman jumlah kuota siswa kelas 12 yang dapat mendaftar berdasarkan ketentuan akreditasi sekolah
5. Sekolah melakukan penetapan pada siswa yang berhak mendaftar SNMPTN
6. Proses pengisian PDSS
7. Pendaftaran SNMPTN
8. Peserta memilih PTN dan program studi yang diinginkan
9. Melampirkan portofolio di PDSS
10. Proses seleksi SNMPTN berdasarkan ketentuan setiap PTN
11. Pengumuman
12. Daftar Ulang

Itu dia informasi terkait lintas jurusan di SNMPTN 2022, beserta syarat dan alur pendaftarannya. Jangan lupa, tetap fokus persiapkan diri kamu untuk memperbaiki nilai. Tidak ada alasan malas belajar dengan tekun ya, karena sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi belajar untuk menunjang itu semuanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image