4 Bahaya Kosmetik Bermerkuri, Tidak Boleh Disepelekan!

Image
Endar Julian
Info Terkini | Friday, 14 Jan 2022, 15:18 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Sora-Shimazaki - Diedit oleh Endar Julian

Bahaya kosmetik bermerkuri tampaknya masih menjadi hal sepele untuk sebagian orang. Minimnya edukasi menjadi faktor utama kenapa masih banyak yang abai akan bahaya dari bahan kimia berbahaya tersebut.

Namun, apakah kamu mau tahu fakta lain yang lebih membuat geleng-geleng kepala? Yup, ada sebagian orang yang sebenarnya sudah paham tentang bahaya dari merkuri namun mereka sengaja tidak mau mendengarkan karena dianggap hanya untuk menakut-nakuti. Aduh . Jangan seperti itu, ya!

Sebagai masyarakat cerdas sudah seharusnya mulai melek dengan berbagai macam dampak buruk yang berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satunya efek samping dari penggunaan merkuri tersebut. Namun untuk mengetahui lebih detail tentang apa saja bahayanya, simak beberapa ulasan di bawah ini!

Bagaimana Kosmetik Dikatakan Berbahaya?

Yang paling utama adalah tidak terdaftar BPOM. Kamu sangat disarankan untuk tidak membeli produk jenis kosmetik apapun yang tidak terdaftar pada BPOM.

Tentu saja karena produk tersebut belum teruji kandungan dan kualitasnya di laboratorium. Kamu tidak akan tahu, bahan berbahaya apa yang masuk ke dalam produk tersebut dan apa dampak buruknya jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Karena produk yang sudah terdaftar di BPOM semuanya pasti menampilkan informasi produk yang lebih detail seperti bahan apa saja yang terkandung (ingredients), kapan tanggal kadaluarsanya, dan juga kemasan produk yang sesuai dengan standar.

Nah, jadi jika kamu membeli kosmetik yang dari kemasannya saja sudah tidak meyakinkan, lebih baik tidak usah digunakan demi keselamatan kulit kamu sendiri.

Apa Saja Bahaya Kosmetik Bermerkuri?

Setelah dari tadi mendengar bahwa merkuri bisa membahayakan kulit sekaligus kesehatan, sekarang mari simak apa saja resiko yang timbul dari penggunaan produk mengandung bahan berbahaya tersebut.

Sebelumnya, penggunaan merkuri sebenarnya masih diperbolehkan, namun ada ukurannya sendiri dan itu harus mengacu pada standar laboratorium. Jadi tidak boleh asal, tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya apalagi yang tidak diawasi oleh pihak yang lebih paham.

1. Membuat Kulit Iritasi

Bahaya pertama yang muncul sejak penggunaan kosmetik bermerkuri, kulit timbul iritasi yang parah seperti gatal-gatal atau kemerahan. Bahkan ada juga yang menimbulkan jerawat tidak biasa setelah penggunaan. Beberapa dokter spesialis kulit seringkali membagikan pengalamannya dalam menangani masalah iritasi akibat merkuri, mulai dari tingkatan rendah sampai yang tinggi.

2. Warna Kulit Menjadi Lebih Pucat

Jangan tergoda dengan produk-produk yang menawarkan janji memutihkan secara singkat. Produk kosmetik yang aman tidak pernah mengklaim bisa membuat kulit putih secepat mungkin karena semuanya harus melalui proses. Bahkan ada yang hasilnya baru terlihat setelah pemakaian 3-5 bulan.

Jadi, hindari produk kosmetik apapun yang kamu beli dan mengklaim bisa mengubah kulit menjadi putih hanya dengan beberapa kali pemakaian. Itu hanya janji manis yang akan menimbulkan bahaya.

3. Warna Kulit Merah Seperti Kepiting

Pernah membayangkan bagaimana jika mempunyai kulit yang warnanya seperti kepiting? Hm, kosmetik yang mengandung merkuri bisa menimbulkan bahaya tersebut.

Biasanya warna kemerahan muncul saat kulit terkena sinar matahari yang terik. Kulit normal pada umumnya hanya menimbulkan efek kegelapan, nah kalau yang bermerkuri ini lebih parah bahkan kulit terlihat menyeramkan.

4. Kerusakan Pada Mata

Tunggu Tunggu Kenapa dari kulit bisa jadi ke mata? Tentu saja karena merkuri yang meresap ke kulit akan menimbulkan bahaya lain.

Perubahan ini diawali dengan beberapa bagian wajah yang ruam atau bengkak, kemudian merembet sampai akhirnya mengenai saraf mata. Bahaya ini pernah dijelaskan oleh seorang dokter asal New York. Jadi dampak merkuri tidak main-main.

Bagaimana dengan bahaya kosmetik bermerkuri yang bisa menimbulkan efek sangat serius seperti di atas? Itulah mengapa kandungan dari bahan tersebut tidak bisa disepelekan. Bahkan beberapa jurnal kesehatan juga menjelaskan kalau resiko dari penggunaan merkuri berkepanjangan akan menimbulkan kematian.

Tidak percaya? Inilah kasus yang dialami oleh ratu Inggris Elizabeth I. Ia memakai alas bedak yang berbahan logam merkuri dalam waktu beberapa tahun. Awalnya wajah ia menjadi putih pucat, timbul kerutan tidak biasa, dan sampai akhirnya berpengaruh terhadap kesehatannya hingga hilang nyawa.

Ketika anda membeli produk kosmetik, pastikan bahwa brand kosmetik yang anda ingin beli terdaftar di BPOM, terutama untuk kosmetik lokal. Umumnya brand kosmetik lokal aman diproduksi melalui bantuan jasa maklon terpercaya.

Hindari membeli produk kosmetik yang tidak memiliki kemasan proper (dijual eceran), apalagi tidak memiliki nomor registrasi BPOM.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang content writer dan blogger. Suka menulis dan berbagi hal informatif. Sekarang bekerja di sebuah perusahaan digital di Jakarta.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lirik Dan Link Download Lagu Satru 2 - Denny Caknan MP3 Gratis Lengkap

Image

PT SGPJB Bersama LAZ Harfa Gelar Pembinaan untuk Guru Honorer

Image

Fitur GB Whatsapp Mod Apk Terbaru, Bisa Gunakan 2 Akun Sekaligus

Image

Akad Mudharabah sebagai Sarana Perencanaan Keuangan

Image

Yndx Brwr Rusia, Search Engine Luar Biasa Tembus tanpa Batas

Image

Mengapa Ada yang Bisa Terkena DBD dan Tipes Bersamaan?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image