Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image isdie

Banyak Masjid Melarang untuk Tidur Bagi Pengunjung

Agama | Monday, 04 Mar 2024, 20:58 WIB
Banyak sekarang tulisan larangan terpampang di dalam masjid

Dulu era 90an ke belakang masjid maupun musholla menjadi salah satu tempat untuk bermalam bagi siapapun, terutama para pemuda, lebih - lebih di bulan puasa atau ramadha masjid maupun mushola baik di kampung - kampung maupun di perkotaan seakan tidak ada sepinya selama 24 jam karena selain maraknya sebagai tempat kegiatan di bulan Ramadhan juga sudah menjadi kebiasaan atau tradisi kalau para pemuda banyak yang tidur di masjid atau mushola.

Suasana tersebut menjadikan sebuah perbedaan yang sangat mencolok dengan kondisi sekarang. Perbedaan tersebut seiring perkembangan zaman dan seiring pergeseran moral.

1. Perkembangan zaman karena sekarang masjid banyak menyimpan barang-barang barang berharga sehingga pengurus masjid atau musholla mempunyai rasa takut akan kehilangan barang - barang berharga dalam masjid sehingga muncullah larangan untuk tidur di dalam masjid.

2. Pergeseran moral, pergeseran moral tersebut sudah mulai merasuk mengenai rasa memiliki bersama dan menjaga bersama dipihak pengurus merasa harus menjaga tetapi dengan sebuah proteksi yang berlebihan sedangkan para pendatang pengunjung masjid juga terkadang mulai luntur sikap merawat dan rasa memilikinya.

Dua hal tersebut menjadi penyebab terpampang tulisan larangan untuk tidur di masjid, sebenarnya tidak ada larangan dalam syariat Islam bahkan para jumhur ulama pun tidak melarang untuk tidur di masjid selama menghormati adab di masjid. Akan tetapi meskipun tidak ada larangan secara syariat tetap saja di era sekarang sebagian besar masjid menempelkan tulisan tentang larangan tidur di masjid bahkan mengunci rapat pintu serta gerbang lingkungan masjid, hal ini sebenarnya sangat mirip karena umat Islam yang seharusnya mengedepankan pertolongan dan bantuan tetapi masjidpun tertutup rapat seakan menolak siapa saja yang membutuhkan untuk istirahat.

Semua keputusan bagi para pengurus masjid sangat berdasar tentang keamanan masjid akan tetapi tidak perlu berlebihan ketika melarang masjid untuk tidur bukan berarti semua pintu dikunci sampai gerbang masjid juga, dengan menunjukkan sepert itu seakan menunjukan semakin egoisnya umat Islam dalam perkembangannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image