Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Ini Rekomendasi Ahli tentang Ramuan buat Menjaga Tekanan Darah Tinggi

Gaya Hidup | Wednesday, 28 Feb 2024, 18:34 WIB
Oregano (gambar.pro/SSDarindo)

Menjaga tekanan darah tetap terkendali adalah prioritas utama bagi siapa pun. Meskipun obat-obatan mungkin diperlukan dalam beberapa situasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah-termasuk di dapur-untuk membantu meningkatkan tingkat tekanan darah yang sehat.

Hal yang mengejutkan, menambahkan rempah-rempah seperti oregano ke dalam makanan rutin memungkinkan dapat Anda lakukan. Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mengalir dari jantung Anda melalui arteri.

Aliran darah yang konstan ini membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Tenaga medis profesional mengukur tekanan darah untuk membantu mengidentifikasi seberapa efisien kekuatan darah yang mengalir ke seluruh tubuh Anda.

Dengan menggunakan manset lengan, penyedia layanan kesehatan dapat membantu mengukur tekanan darah.

Angka pertama dalam pembacaan tekanan darah - tekanan darah sistolik - mengukur tekanan dalam arteri Anda ketika jantung Anda berdetak. Angka kedua - tekanan darah diastolik - mengukur tekanan dalam arteri Anda di antara denyut ketika jantung Anda beristirahat. Ketika tekanan darah diukur, angka sistolik dicatat di atas angka diastolik dalam milimeter air raksa (mmHg).

Tingkat tekanan darah yang digunakan untuk mendiagnosis tekanan darah rendah, normal, dan tinggi meliputi:

Tekanan Darah Rendah: 90/60 mmHg.

Tekanan Darah Normal: 120/80 mmHg

Pra-Hipertensi (berisiko tekanan darah tinggi): 120-139/80-89 mmHg

Hipertensi (dianggap sebagai tekanan darah tinggi): >140/90 mmHg

Menurut CDC, seperti dikutip dari laman eatingwell.com, hampir separuh orang dewasa memiliki hipertensi (48,1%, 119,9 juta), yang didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik lebih besar dari 130 mmHg atau tekanan darah diastolik lebih besar dari 80 mmHg atau sedang mengonsumsi obat hipertensi.

Hal yang lebih memprihatinkan lagi, hanya 1 dari 4 orang yang memiliki hipertensi yang terkendali.

Tekanan darah tinggi membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung dan stroke, dua penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

Sangatlah penting untuk bersikap proaktif dan mengambil tindakan dengan tim kesehatan Anda untuk mendukung tekanan darah yang sehat jika Anda sendiri memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini.

Ramuan #1 untuk Tekanan Darah Sehat

Ada banyak sekali herbal sehat yang harus Anda gunakan dalam resep Anda!

a. Masukkan, oregano.

Oregano, juga dikenal sebagai Origanum vulgare, adalah ramuan umum yang mungkin pernah Anda gunakan di dapur Anda.

Mengapa? Karena oregano, seperti rempah-rempah lainnya, mengandung senyawa tanaman yang kuat, seperti antioksidan,3 yang merupakan pertanda baik untuk menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Antioksidan adalah senyawa kuat yang membantu mengusir orang jahat, atau penjajah asing, dalam tubuh Anda yang lama kelamaan dapat menyebabkan banyak kerusakan.

Penelitian telah menemukan4 bahwa diet tinggi antioksidan, seperti yang ditemukan dalam rempah-rempah seperti oregano dan makanan nabati lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition adalah salah satu studi pertama pada manusia yang menyelidiki penggunaan oregano dan dampak positifnya dalam menurunkan tekanan darah ketika dimasukkan secara teratur ke dalam makanan.

Tetapi penelitian pada hewan dan penelitian invitro lainnya telah mengeksplorasi manfaatnya selama beberapa waktu.

Faktanya, sebuah tinjauan tahun 2017 yang diterbitkan di Molecules mengeksplorasi berbagai spesies minyak oregano di seluruh literatur dan efek yang ditunjukkannya pada berbagai bidang kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, peradangan, penyakit metabolisme, dan kanker.

Meskipun temuan ini sebagian besar berasal dari penelitian pada hewan dan invitro, literatur mendukung fakta bahwa minyak oregano ketika digunakan untuk membantu diagnosis hipertensi dapat meningkatkan vasodilatasi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, hasil ini tidak dapat diekstrapolasikan ke manusia dan sampai saat ini tidak ada penelitian lanjutan yang membahas khasiat dan keamanan minyak oregano dan suplemen oregano untuk manusia.

National Library of Medicine menyatakan bahwa meskipun mengonsumsi daun dan minyak oregano dalam persiapan makanan normal kemungkinan besar aman, menggunakan suplemen, minyak, atau bentuk lain dengan penelitian terbatas dapat menimbulkan risiko kesehatan. Jadi, pastikan untuk membatasi penggunaan oregano hanya pada daunnya-kering dan segar-dalam resep yang Anda buat untuk mendapatkan manfaat yang paling banyak didukung oleh ilmu pengetahuan.

Melissa Azzaro, RDN, pemilik The Hormone DietitianĀ®, mengatakan, "Herba segar termasuk oregano merupakan salah satu sumber antioksidan yang paling kuat, sehingga taburan oregano dapat membantu menambah asupan antioksidan Anda." Menurut Azzaro, "Secara tradisional oregano telah digunakan untuk mengobati alergi, tekanan darah tinggi, diabetes dan infeksi saluran pernapasan. Meskipun penelitian pada subjek manusia masih terbatas, oregano mengandung banyak senyawa tanaman yang kuat, seperti carvacrol, yang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang potensial dalam penelitian pada tabung reaksi dan hewan."

Carvacrol, senyawa yang disebutkan Azzaro, baru-baru ini diteliti pada tikus dalam studi tahun 2023 yang diterbitkan dalam Nigerian Journal of Clinical Practice. Para ilmuwan menemukan bahwa ketika berbagai stimulan digunakan bersama carvacrol, otot polos jantung hewan tersebut menjadi rileks, sehingga meningkatkan efek menguntungkan pada pembuluh darah. Studi ini mendukung temuan sebelumnya5 dan menunjukkan harapan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguraikan dosis yang tepat untuk penggunaan oregano tambahan pada manusia sebagai bentuk pengobatan untuk tekanan darah tinggi.

Tips untuk Memasukkan Oregano ke dalam Pola Makan Sehat

"Menggunakan oregano dalam masakan adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan antioksidan, meskipun kita belum sepenuhnya memahami manfaatnya bagi kesehatan," kata Azzaro. Ditambah lagi, keserbagunaan oregano cocok untuk berbagai jenis resep masakan.

Menurut ahli diet dan koki yang berbasis di New York City, Abbie Gellman, "Oregano sering dikenal karena penggunaannya dalam resep Italia seperti pizza atau saus marinara, namun sering digunakan dalam masakan Yunani, Spanyol dan Meksiko. Ada begitu banyak cara untuk menggunakan oregano!"

Gellman merekomendasikan untuk bereksperimen dengan oregano segar dengan menambahkannya ke dalam resep tanpa resep favorit Anda, seperti:

- Tumis bawang bombay dan jamur atau sayuran favorit Anda

- Omelet atau frittata

- Saus salad buatan sendiri

- Cabai dan sup

Namun, sebelum Anda memasukkan segenggam oregano yang baru dicincang ke dalam hidangan hangat Anda, Gellman menyarankan untuk menunggu hingga akhir proses memasak dan menambahkannya ke dalam hidangan yang sudah jadi. Secara umum, Gellman mengatakan, "Oregano segar akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada yang dikeringkan, baik dari segi rasa maupun manfaat kesehatannya. Namun, jika tidak tersedia dalam bentuk segar, maka yang kering dapat digunakan." ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright Ā© 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image