Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IGBS Darul Marhamah

Pelatihan Suprarasional untuk Melejitkan Prestasi

Eduaksi | Wednesday, 21 Feb 2024, 22:49 WIB
Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si saat menyampaikan materi di depan para peserta pada hari Rabu, 21 Februari 2024.

Kepala sekolah Madrasah Aliyah (MA) Darul Marhamah, Ustadzah Nanik Novianti Isnawiah turut serta dalam pelatihan kecerdasan otak di dada untuk kepala sekolah batch 3 pada hari Rabu (21/2) di Klinik Pendidikan Matematika (KPM) Laladon, Kabupaten Bogor dengan tema 'membentuk sekolah berprestasi dalam bidang matematika dan IPA'.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si menjelaskan cara berpikir suprarasional. Menurutnya, berpikir suprarasional adalah cara berpikir orang-orang rasional ketika menghadapi persoalan yang tidak bisa diselesaikan secara rasional, maka yang dilakukan kemudian adalah dengan meminta pertolongan kepada Allah.

Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan mengenai tabungan jiwa. Lebih lanjut menurutnya, tabungan jiwa dapat terbentuk apabila kita melaksanakan dengan niat ibadah. Demikian halnya dalam strategi memperluas wadah rezeki yang dimulai dengan membangun kesadaran pentingnya tabungan jiwa.

Menariknya, wadah rezeki atau tabungan jiwa dapat terbentuk dengan cara mengoptimalkan tiga unsur penting dalam diri manusia, yaitu akal (pikiran), hati (jiwa), dan panca indera (raga).

Ustadzah Nanik Novianti Isnawiah mengaku banyak mendapat pengetahuan dan pengalaman serta berharap dengan pelatihan tersebut bisa lebih baik dalam mendidik, sehingga menghasilkan santriwati yang memiliki karakter serta berprestasi.

“Berharap setelah mengikuti pelatihan ini, kami lebih baik lagi dalam mendidik karakter dan menambah prestasi Darul Marhamah. Saya senang berjumpa dengan pembicara hebat dan teman-teman peserta yang antusias, berbagi ilmu dan pengalaman.” tuturnya.

Sementara itu menurutnya, Darul Marhamah sebenarnya sudah lama aktif mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Seikhlasnya, seperti lomba, pelatihan guru dan siswa baik secara online maupun offline.

Adapun beberapa lomba yang pernah diikuti adalah Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) serta beberapa lomba lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image