Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fahmi Mujahid

Masa Depanmu tergantung Bagaimana Masa Lalumu

Edukasi | Thursday, 15 Feb 2024, 21:09 WIB
Sumber foto: Pixabay.com

“Apa yang Anda rasakan hari ini adalah buah dari apa yang telah Anda lakukan di masa lalu.”

Bila saat ini Anda merasa hidup sedang tidak baik-baik saja. Atau sebaliknya, hidup Anda begitu ceria, bahagia, sukses, dan berhasil meraih impian Anda. Harus Anda ingat, bahwa semua itu Anda dapatkan hasil dari apa yang Anda lakukan di masa lalu.

Hal ini harus Anda sadari betul-betul, bahwa sesungguhnya kehidupan ini sejalan dengan adanya sebab-akibat. Apa yang Anda tanam (sebab) itulah nanti yang akan Anda panen (akibat). Apa yang Anda lakukan (sebab) itulah nanti yang Anda dapatkan (akibat). Apa yang Anda usahakan (sebab) itulah nanti yang akan Anda raih (akibat).

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda lakukan saat ini. Jika yang Anda lakukan adalah hal-hal positif, maka di masa depan Anda akan mendapatkan buah dari sikap positif,berupa kebahagiaan dan kenyamanan. Tapi sebaliknya, jika yang Anda lakukan adalah aktivitas yang negatif, maka Anda akan mendapatkan akibat negatif, berupa kesediah dan penderitaan.

Jadi, siapkan diri Anda saat ini untuk menghadapi masa depan yang Anda tidak tahu akan seperti apa nantinya. Jangan sampai hari-hari Anda dihiasi oleh sesuatu yang kurang bermanfaat, seperti main HP sambil rebahan hingga berjam-jam, begadang yang tidak ada tujuannya, dan nongkrong hingga lupa waktu.

Mungkin saat ini Anda belum rasakan apa sesungguhnya yang terjadi di masa depan. Apakah nanti Anda bisa hidup bahagia atau sedih. Berhasil atau gagal. Punya banyak teman atau kesepian. Disukai banyak orang atau dibenci. Semua ini akan Anda rasakan nanti, tergantung bagaimana Anda menjalani dan apa yang Anda perbuat di saat ini.

Maka, hal terbaik yang harus Anda lakukan hari ini hingga hari-hari berikutnya adalah selalu melakukan aktivitas dan perilaku positif. Nanti di masa depan Anda akan mendapatkan keinginan-keinginan Anda. Meraih cita-cita Anda. Dan tentunya Anda bisa menjadi orang yang tenang dan bahagia dalam hidup.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image