Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Subhan Putra

Kepemimpinan dalam sebuah organisasi

Eduaksi | Thursday, 13 Jan 2022, 15:00 WIB
Pengertian kepemimpinan adalah faktor kunci dalam suksesnya suatu organisasi serta manajemen. Kepemimpinan adalah entitas yang mengarahkan kerja para anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan yang baik diyakini mampu mengikat,mengharmonisasi, serta mendorong potensi sumber daya organisasi agar dapat bersaing secara baik.

 Kepemimpinan organisasi menekankan pada pengembangan keterampilan dan kemampuan kepemimpinan yang relevan diseluruh organisasi.

Seorang pemimpin organisasi yang ideal tidak boleh mendominasi orang lain. Dia harus membimbing individu bawahannya,memberikan mereka arahan agar mencapai tujuan organisasi dengan sukses,dan harus bertindak secara bertanggung jawab. Dia pasti optimis, dia harus empatik dan juga harus dan harus memahami kebutuhan bawahannya.

Konsep kepemimpinan telah banyak di tawarkan para penulis di bidang organisasi dan manajemen. Kepemimpinan tentu saja mengkaitkan aspek individual seorang pemimpin dengan konteks situasi di mana pemimpin tersebut menerapkan kepemimpinan. Kepemimpinan juga memiliki sifat kolektif dalam arti segala perilaku yang di terapkan seorang pemimpin akan memiliki dampak luas bukan bagi dirinya sendiri melainkan seluruh anggota organisasi.

Sebelum memasuki materi kepemimpinan, perlu terlebih dahulu dibedakan konsep pemimpin (leader) dengan kepemimpinan (leadership). Kepemimpinan menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan sebuah organisasi. Untuk itu, ada beberapa sikap kepemimpinan dalam organisasi yang perlu diterapkan oleh seorang pemimpin, diantaranya:

1.Menjalin kedekatan dengan anak buah Kepemimpinan dalam organisasi akan menjadi lebih efektif jika seorang pemimpin telah mendapat respek dari anak buah. Hal ini bisa dibangun dengan menjalin kedekatan dengan mereka, sehingga mereka akan percaya dan mau mengikuti arahan anda.

2.Memberikan semangat dan motivasi Kepemimpinan dalam organisasi bukan melulu soal pangkat dan jabatan, tetapi kepemimpinan adalah bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan semangat dan motivasi, bahkan untuk setiap hal kecil dari pekerjaan yang anak buah Anda lakukan.

3. Memberikan kepercayaan dan tanggung jawab Kepemimpinan dalam organisasi adalah tentang kepercayaan. Berikan anak buah anda kepercayaan dan tanggung jawab yang lebih dalam melakukan tugas mereka. Jika ada hal yang tidak sejalan, jangan langsung menghakimi. Berikanlah feedback agar ke depannya mereka tidak takut salah dalam mengambil sebuah keputusan.

• Kepemimpinan organisasi

Kepemimpinan dalam organisasi adalah sebuah proses dimana seorang pemimpin mempengaruhi dan memberikan contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Pemimpin yang baik bukan dilihat dari seberapa banyak orang yang menjadi pengikutnya, bukan juga dilihat dari seberapa lama ia memimpin. Pemimpin yang baik dilihat dari seberapa banyak ia mampu menciptakan sosok pemimpin yang baru.

Rahasia utama kepemimpinan adalah kekuatan terbesar seorang pemimpin, bukan dari kekuasaannya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Maka jika ingin menjadi pemimpin yang baik jangan pikirkan orang lain, pikirkanlah diri sendiri dulu. Tidak akan bisa mengubah orang lain dengan efektif sebelum merubah diri sendiri.

Bangunan akan bagus, kokoh, megah, karena ada pondasinya. Maka sibuk memikirkan membangun umat, membangun masyarakat, merubah dunia akan menjadi omong kosong jika tidak diawali dengan diri sendiri. Mengubah orang lain tanpa merubah diri sendiri adalah mimpi mengendalikan orang lain tanpa mengendalikan diri.

Pemimpin organisasi yang jelas mengkomunikasikan misi ,visi dan kebijakan organisasi membangun semangat karyawan, memastikan operasi bisnis yang efisien, membantu karyawan tumbuh secara profesional dan berkontribusi secara positif terhadap misi organisasi.

Seorang pemimpin juga harus memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu, hanya dengan begitu dia bisa memimpin orang lain. Dia harus berkomitmen didepan pribadi dan profesional, dan harus bertanggung jawab. Da harus menjdi penutup tanutan bagi orang lain, dan menjadi contoh bagi mereka.

Seorang pemimpin harus meningkatkan semangat karyawan atau bawahannya.dia harus memotivasi mereka dengan baik sehingga mereka berkomitmen untuk organisasi. Pemimpin juga harus akrab dengan karyawan, memiliki kepedulian terhadap mereka dan mendorong mereka mengambil inisiatif. Itu akan menghasilkan karyawan yang lebih efisien dan efektif dan memastikan keberhasilan organisasi.

Pemimpin adalah individu yang mampu mempengaruhi anggota kelompok atau organisasi guna mendorong kelompok atau organisasi tersebut mencapai tujuan-tujuan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image