Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Pentingnya Menjaga Pandangan Sesuai Perintah dalam Syariat Islam

Agama | Tuesday, 13 Feb 2024, 18:03 WIB
sumber gambar: freepik.com

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT memberikan perintah yang tegas dan jelas mengenai pentingnya menjaga pandangan. Perintah ini disampaikan sebagai bagian dari pedoman hidup yang berasal dari Sang Pencipta. Berikut adalah beberapa ayat Al-Qur'an yang menegaskan perintah menjaga pandangan:

1. Surah An-Nur (24:30)

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."

Ayat ini menekankan kepada laki-laki yang beriman untuk menjaga pandangan mereka dan memelihara kemaluan, sebagai tindakan yang lebih suci dan mendatangkan keberkahan.

2. Surah An-Nur (24:31)

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Pada ayat selanjutnya, selain kepada kaum Adam untuk diperintahkan menjaga pandangan, maka kaum hawa atau para wanita juga diperintahkan untuk menjaga pandangan dan menjaga kemaluan. Dan tidak menampakkan perhiasan kecuali yang biasa nampak.

3. Surah Al-Isra (17:36):

“Janganlah engkau mengikuti sesuatu yang tidak kauketahui. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya."

Ayat ini menegaskan pentingnya menggunakan indra penglihatan secara bijak, dan menekankan bahwa setiap pancara indra kita kelak akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat.

4. Surah Al-Muminun (23:5-6)

"Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Ayat ini menekankan pada pentingnya memelihara kemaluan, dan memberikan pengecualian bagi hubungan intim yang sah.

Menjaga pandangan bukan sebatas ujian ketaqwaan. Allah memberikan perintah ini untuk menguji sejauh mana seorang hamba mampu menahan diri terhadap pandangannya dan menjaga kemuliaannya. Menjaga pandangan membantu membersihkan hati dan pikiran dari pengaruh yang negatif. Dengan mengendalikan apa yang dilihat, seseorang dapat menjaga kesucian hati dan pikirannya.

Baca juga: 4 Kriteria Memilih Pemimpin Ala Rasulullah SAW

Allah memberikan perintah ini sebagai langkah pencegahan terhadap dosa-dosa terkait zina dan perilaku negatif lainnya. Menjaga pandangan adalah langkah awal dalam meminimalkan risiko jatuh ke dalam perbuatan terlarang. Dengan menjaga pandangan, seseorang dapat meningkatkan kesadaran spiritualnya. Menyadari bahwa Allah Maha Mengetahui dan Melihat setiap tindakan dan pikiran membantu seseorang untuk tetap taat dan bertakwa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image