Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Salurkan Minat Bakat Hingga Dapat Medali

Olahraga | Tuesday, 06 Feb 2024, 09:06 WIB
Retno Khusnul Khotimah Mahasiswa Program Studi (Prodi) Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Retno Khusnul Khotimah berhasil meraih juara II Kumite Mahasiswa -50Kg. Perempuan yang akrab disapa Retno ini berlaga pada Kejuaraan Wira Tanggon Adhisatya (WTA) Open Karate Championship Piala Kemenpora RI 2024 yang dilaksanakan pada 18–20 Januari 2024 di GOR Ciracas, Jakarta Timur.

Persiapan perlombaan bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate UAD dilakukan sekitar tiga minggu sebelum pertandingan. Sebagai mahasiswa, ia pun tidak melupakan kewajiban kuliah, yakni dengan berusaha menyeimbangkan waktu berlatih untuk menjaga performa sampai hari pertandingan nanti, dengan waktu belajar menjelang ujian responsi praktikum.

Retno sempat merasa tak yakin saat bertanding dengan lawannya, hingga akhirnya ia mampu menyelesaikan pertandingan dengan baik di kelas -50Kg. Tentunya, hasil itu tidak lepas dari dukungan dan fasilitas UAD serta dirinya yang konsisten berlatih dan evaluasi di setiap pertandingan. Retno tentunya tidak sendiri, ia berlaga dengan tim yang hebat dari UAD.

Diketahui, Tim Karate UAD memperoleh 10 emas, 9 perak, dan 6 perunggu. Ini adalah prestasi yang sangat membanggakan pada kancah nasional. Retno pun merasakan keistimewaan yang dirasakan dengan mengikuti UKM Karate, yakni selain pengalaman lomba, ia juga dapat memperluas relasi dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Olahraga yang telah digandrungi Retno sejak lama ini tentunya akan selalu ia perjuangkan, terlebih karena banyaknya dukungan baik dari teman maupun universitas untuk menyalurkan bakat dan minatnya. “Usahakan mengejar deadline agar tugas tidak menumpuk sehingga saat jadwal berlatih dapat ikut latihan,” kata Retno saat diwawancarai.

Manajemen waktu memang sebuah keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa. Sebab, dengan disiplin terhadap waktu, mengetahui prioritas, dan menghilangkan distraksi, kita dapat mengupayakan kesuksesan di kemudian hari. (Lin)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image