Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kevern Junio

Pengajaran tidak Harus Komunikatif

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 06 Feb 2024, 08:50 WIB

Tidak sedikit pelajar yang bosan dan jenuh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penyebabnya tidak selalu dari faktor internal siswa. Bahkan faktor eksternal bisa mempengaruhi proses pembelajaran. Termasuk metode pembelajaran.

Metode pengajaran yang monoton dan kurang menarik juga bisa menjadi salah satu penyebab pelajar merasa jenuh selama pembelajaran. Kebanyakan murid akan mulai merasa bosan bila terlalu lama duduk dan mendengar penjelasan dari guru.
Rian Surya Putra, M.Pd., salah seorang dosen STKIP Al-Hikmah Surabaya menerangkan dalam kelasnya tentang Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) pada 5 Desember 2023.

Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) adalah metode pengajaran yang melibatkan siswa baik secara fisik, mental, intelektual, dan emosional. Tujuan dari metode Cara Belajar Siswa Aktif adalah agar para siswa mendapatkan pengalaman belajar secara maksimal, baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor.

Pengajar bisa memberi rangsangan (pemantik) dan meminta siswa untuk berdiskusi berbicara tentang suatu hal. Pembelajaran juga bisa dilakukan outdoor (luar kelas). Pengajar bisa mengarahkan siswanya untuk melakukan kegiatan observasi (terjun langsung ke lapangan). Sehingga para siswa bisa menghindari rasa jenuh karena proses pembelajaran yang bersifat satu arah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image