Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Patih Al Bantani

5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Kita

Gaya Hidup | Thursday, 01 Feb 2024, 11:02 WIB

Gigi merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Tanpa gigi, makanan akan sulit dicerna atau bahkan sulit untuk ditelan. Gigi yang berlubang tentu akan sangat mengganggu ketika kita akan makan, dan juga merusak senyum kita.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat, perlu perawatan dan memperhatikan kebiasaan sehari-hari kita. Bahkan jika Anda sudah memiliki gigi yang bagus, penting untuk merawat untuk mencegah risiko terkena masalah gigi.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan gigi kita

1. Jangan menyikat gigi terlalu keras

Tujuan utama menyikat gigi ialah menghilangkan plak gigi. Namun, bila Anda melakukannya terlalu keras, hal ini malah bisa mengikis enamel sehingga membuat gigi jadi lebih sensitif.

Di samping itu, cara sikat gigi yang tidak benar juga bisa membuat plak gigi malah menumpuk dan mengeras. Lama-kelamaan, ini bisa menyebabkan radang gusi (gingivitis). Teknik menyikat gigi yang benar harus Anda lakukan secara lembut. Lakukan juga gerakan memutar dan memijat gigi selama sekitar dua menit.

2. Gunakan pasta gigi berfluorida

Fluorida adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang Anda konsumsi. Fluorida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi Anda untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi Anda. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida.

3. Minum lebih banyak air

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut Anda karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi Anda. Bosan dengan rasa air putih yang hambar? Kami punya banyak cara kreatif untuk melatih Anda lebih banyak minum air putih.

4. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam

Anda mungkin seringkali mendengar nasihat, “Jangan banyak makan makanan manis, nanti giginya bolong”. Ternyata, kita memang tidak boleh sembarangan membantah nasehat orangtua. Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi Anda. Asam inilah yang menyebabkan gigi Anda cepat berlubang. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda hanya perlu membatasi konsumsinya.

5. Sikat gigi sebelum tidur

Anda pasti tahu jika Anda dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari: bangun pagi dan sebelum beranjak tidur. Sikat gigi sebelum tidur ternyata dapat menghilangan kuman dan plak pada gigi Anda yang menumpuk lama sepanjang hari. Selain menyikat gigi, Anda juga dianjurkan untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image