Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jurnalis Lepas

RS JIH Solo Ternyata Punya Trauma Center, Ini Manfaat Pentingnya!

Gaya Hidup | Wednesday, 12 Jan 2022, 12:06 WIB
Sumber : www.rs-jih.co.id

Yang namanya kemalangan didalam hidup memang tidak pernah ada yang tahu, bisa saja seseorang mengalami kecelakan di tempat kerja, di rumah, maupun di jalan raya meskipun sudah sangat berhati hati. Pastinya bagi korban kecelakaan, beberapa dari mereka mengalami masalah seperti trauma tersendiri sehingga hal ini tentu sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

Terkait hal tersebut, memang sudah semestinya jika di setiap rumah sakit ini dilengkapi dengan fasilitas berupa trauma center. Mungkin hal ini terdengar asing di telinga masyarakat, padahal sebenarnya keberadaan fasilitas ini sangat bisa membantu para korban kecelakan mengatasi trauma maupun cedera.

Beruntung bagi anda yang kini berada di Solo, karena banyak rumah sakit di kota tersebut dilengkapi dengan fasilitas Trauma Center ini, salah satunya adalah RS JIH Solo. Lantas apa sih sebenarnya Trauma Center ini sendiri? terkait hal tersebut, berikut ini hasil wawancara dengan Manager Pelayanan Medis RS JIH Solo, Dr. Sri Mulyaningsih.

Secara garis besar, Trauma Center ini merupakan sebuah unit pelayanan yang berguna untuk menangani pasien yang mengalamu trauma pasca kecelakaan. Dimana pada layanan ini tentu melibatkan banyak dokter ahli didalamnya, dan umumnya siap melayani pasien selama 24 Jam.

Sejumlah fasilitas lengkap pun disediakan untuk penanganan hal ini, mulai dari Unit Gawat Darurat, Laboratorium, Ambulan, kamar operasi, radiologi, ICU, Apotek, hingga rehabilitasi medik.

“Salah satu layanan Unggulan RS JIH Solo adalah layanan Trauma Center. Rumah sakit kami telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana dalam melayani pasien dengan kondisi akibat trauma atau kecelakaan, terutama pada kasus kecelakaan lalu lintas, sehingga memungkinkan para pasien mendapatkan pelayanan secara Komprehensif,” Ujar Dr. Sri Mulyaningsih.

Sumber : www.rs-jih.co.id

Apa yang Jadi Pertimbangan Dalam Memilih Layanan Trauma Center?

Dr. Sri Mulyaningsih pun menjawab, jika layanan Trauma Center terbaik ini ialah yang mampu memberi pelayanan terpadu, serta komprehensif dengan respon time maksimal. Dimana hal itulah yang diterapkan oleh RS. JIH Solo yang mendukung sarana dan prasarana lengkap serta tenaga medis profesional dalam menangani trauma.

Nah berikut ini sejumlah penjelasan terperinci tentang fasilitas beserta ketersediaan dokter dalam Trauma Center di RS. JIH Solo, diantaranya :

● Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dengan berbagai sub spesialis seperti:

○ (K) Spine (konsultan bedah tulang belakang)

○ (K) Hip and Knee (KonsultanBedah Tulang Pinggul dan Lutut)

○ (K) Pediatric (Konsultan bedah tulang Anak

● Dokter Spesialis Bedah Saraf

● Dokter Spesialis Bedah Thorax kardiovaskuler

● Dokter Spesialis Bedah Umum

● Dokter Spesialis Emergency medik

● Emergency Call dengan Ambulance 24 jam

● Perawat Ahli dan berpengalaman

● Unit Gawat darurat 24 jam

Intensive Care Unit (ICU)

● Ruang Operasi lengkap dengan layanan Minimal Invasive Surgery

● Alat Penunjang Medis 24 jam diantaranya Radiologi (termasuk MRI 1,5 Tesla dan CT Scan 128 Slices), Farmasi, Laboratorium, dan lain-lain.)

● Ruang rawat Inap mulai dari kelas 3 sampai President Suite

Apa Kelebihan Layanan Trauma Center di RS. JIH Solo?

“Kelebihan Trauma Center RS JIH Solo adalah adanya layanan terpadu dengan layanan lainnya sehingga perawatan yang diberikan bersifat menyeluruh dan berkelanjutan,” Sambung Dr Sri Mulyaningsih.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah rincian dari pelayanan terpadu yang dimaksud oleh perwakilan dari RS. JIH Solo tersebut, diantaranya :

Penangan Trauma Psikis : Dalam hal ini pasien akan ditangani oleh Dokter Spesialis Kejiwaan (Psikiater) dan PsikologRehabilitasi Medik / Fisioterapi : Pasian akan ditangani oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik dan berbagai jenis terapis profesionalPain Management Clinic : Pasien akan ditangani Dokter Spesialis Anestesi, Akupuntur, Neurologi, serta OrthopediHome Visit

Apakah Layanan Trauma Center di RS. JIH Solo ini Menerima Pasien Peserta BPJS?

Rumah Sakit dengan akun Instagram @rs.jihsolo ini siap menerima pasien yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan pada kasus yang ada kaitannya dengan kecelakaan kerja. Tak hanya dengan BPJS Ketenagakerjaan saja, namun RS. JIH Solo ini juga bekerjasama dengan pihak Jasa Raharja dan Jasa Marga dalam penanganan pasien kasus kecelakaan lalu lintas.

Nah untuk anda yang kebetulan butuh pelayanan Trauma Center ini, maka bisa langsung saja menuju ke rumah sakit yang merupakan milik PT Yabinstra Medika Farma tersebut. Dimana RS. JIH Solo ini berada di Jalan Adi Sucipto No. 118 Jajar Laweyan, Solo.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image