Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kabar MPM

Giat MPM Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Difabel

Kabar | Thursday, 25 Jan 2024, 10:39 WIB
Pelatihan Beternak Ayam Petelur oleh Tim TelurMoe (Foto : Dok. Pribadi)

Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah berkolaborasi dengan LAZISMU menyelenggarakan pelatihan beternak ayam petelur "Telurmoe" bagi Kaum Difabel di Kandang Ayam Kalijeruk. Pelatihan tersebut merupakan lanjutan dari sosialisasi ternak ayam fungsional yang telah dilaksanakan pada pekan lalu.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan pada Rabu (24/1) tersebut dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dalam penanganan dan pengawasan ayam petelur secara langsung di kandang. Peserta akan terlibat dalam kegiatan penyortiran ayam, mempelajari cara membedakan ayam yang sehat dari yang sakit. Dengan fokus pada pendekatan langsung di lapangan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan ayam petelur, sekaligus memastikan produksi telur yang optimal.

Didik Widiyantono anggota Divisi 3T dan Komunitas Khusus menyatakan bahwa kegiatan pelatihan bukan hanya rutinitas biasa, tetapi merupakan langkah konkret untuk memberikan dukungan yang terukur dan efektif dalam memperkuat posisi ekonomi mereka. "Kegiatan pelatihan ini bukan sekadar suatu kegiatan biasa, melainkan sebuah solusi konkret untuk meningkatkan kemandirian dalam aspek ekonomi bagi kaum difabel” ucapnya.

Sudaryanti, salah satu peserta pelatihan tersebut mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada MPM dan LAZISMU PP Muhammadiyah. “Kami sangat berterimakasih pada MPM serta LAZISMU PP Muhammadiyah yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Beternak ayam merupakan hal yang baru dan tentu saja ilmu yang diperoleh dapat menunjang produktivitas kami dalam bidang tersebut” ucapnya

Dalam rangkaian agenda tersebut pula, telah diresmikan Jamaah Tani Difabel Muhammadiyah, sebuah wadah yang merangkul para penyandang disabilitas guna melalukan pngkah progresif dalam mewujudkan kemandirian ekonomi bagi mereka. Ketua Koperasi Produsen Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia di wilayah Jogjakarta, Waluyo menyampaikan harapan agar dukungan Muhammadiyah pada kaum marjinal terus berlanjut, "Kami berharap dukungan yang telah diberikan oleh Muhammadiyah untuk kaum marjinal berlanjut kedepannya, memberikan sinar harapan dan peluang lebih baik bagi mereka yang membutuhkan." Ungkapnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image