Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deby Sartika

Kepemimpinan Islam Nabi Muhammad SAW dan 3 Calon Presiden Indonesia 2024

Agama | Thursday, 25 Jan 2024, 10:37 WIB

•Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW

Rasulullah adalah contoh yang luar biasa dari pemimpin yang adil dan bijaksana. Dia tidak pernah mengabaikan hak individu mana pun, beliau memperlakukan semua orang secara setara, dan tidak mendiskriminasikan suatu kelompok tertentu. Rasulullah memiliki akhlak yang terpuji, sempurna, karakter yang kuat, ulet, lugas, bersemangat dan pantang menyerah. Kepemimpinan Rasulullah memberikan kebebasan berpikir, kritik serta berekspresi, gaya kepemimpinannya juga demokrasi dan karismatik (Lubis,2019).

Sifat Rasulullah yang pertama adalah shiddiq yang artinya benar. Rasulullah selalu mengucapkan kalimat-kalimat yang benar atau berkata jujur. Sifat kedua yang dimiliki oleh Rasulullah adalah amanah artinya dapat dipercaya. Setiap muslim harus mampu atau dapat dipercaya dan menjaga kepercayaan orang lain. sifat yang ketiga adalah Fathanah artinya cerdas, cerdik atau pintar. Rasulullah adalah seseorang yang cerdas dan dianugerahi oleh Allah SWT kepintaran. Sifat yang terakhir adalah Tabligh artinya menyampaikan. Rasulullah diberikan tugas oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya. Dari sifat ini kita sebagai umatnya bisa meneladani dengan menyampaikan hal-hal yang baik kepada semua orang.

Sifat kepemimpinan Rasulullah yang patut kita contoh adalah:

1. Berakhlakul Karimah

Akhlak yang baik dan terpuji

2. Bijaksana

3. Mendahulukan Kepentingan Bersama

Rasulullah sangat jauh dari sikap egois dan mementingkan diri sendiri. Di berbagai peristiwa beliau selalu mendahulukan kebutuhan sahabat ataupun keluarganya alih-alih kepentingan pribadinya.

4. Mengedepankan Musyawarah

Sebagai seorang pemimpin Rasulullah tidak memaksakan kehendak atau pendapatnya dalam memutuskan sesuatu. Beliau selalu mengajak para sahabat untuk membuka dialog dalam memecahkan suatu permasalahan.

5. Rendah Hati

Rasulullah tidak pernah memandang kedudukannya lebih tinggi dari orang lain. Belalu melihat derajat manusia sama di hadapan Allah SWT, yang membedakan adalah iman dan ketakwaan.

Kepemimpinan Rasulullah SAW secara konsisten memperhatikan kepentingan rakyat, berlandaskan pada akhlak yang tinggi, visioner, adil, berlandaskan gotong royong, serta sarat keberanian dan ilmu. Kepemimpinan Rasulullah SAW memberikan contoh bagi semua pemimpin dalam bagaimana menjaga kepentingan rakyat, melarang dan menegakkan akhlak, memiliki visi yang jelas, menegakkan keadilan, memajukan kerjasama, serta memiliki kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi kesulitan.

Sumber : Konfrontasi.com

•Jabatan Yang Pernah Dipimpin Oleh 3 Calon Presiden Indonesia 20241.Anies Rasyid Baswedan

Gaya kepemimpinannya, Anies mempunyai gaya bicara yang lemah lembut, hal inilah yang menjadikan masyarakat beranggapan bahwa Anies bukan merupakan sosok yang terburu-buru dalam melaksanakan sebuah keputusan. Sosok Anies juga memiliki gaya kepemimpinan pasrtisipatif , beliau suka mendorong masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam membenahi daerah. Dari beberapa jabatan yang pernah dipangku oleh beliau saya hanya memapaparkan yang sekiranya menurut saya beliau memimpin khalayak ramai, yaitu:

1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) 27 Oktober 2014-27 Juli 2016

2. Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2017-16 Oktober 2022

2.Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Prabow memiliki gaya kepemimpinan yang tegas, konsisten dan tidak neko-neko. Beliau dinilai tegas terlihat bagaimana beliau mengambil keputusan, meskipun begitu beliau mengambil keputusan berdasarkan pendapat sendiri dan orang lain. Adapun beberapa jabtan yang pernah dipimpin oleh Prabowo yaitu:

1. Anggota Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha)

2. Wakil Komandan Detasement 81 Penanggulanag Teror (Gultor) Kopassus

3. Danyon 328 Kujang II/Kostrad

4. Dan Grup III/Pusdik Pasukan Khusus, Batujajar Jawa Barat (1993-1994) 5. Wadan Kopassus (1995-1996)

6. Danjen Kopassus (1996-1998)

7. Pangkostrad (1998-1998)

8. Dansesko ABRI (1998-1998)

9. Anggota Dewan Penasihat Partai Golkar (2004-2008)

10. Mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 2008

11. Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia/HKTI (2004-2009) 12. Ketua Umum Gerindra sejak 20 September 2014

13. Menteri Pertahanan (Menhan) sejak 23 Oktober 2019 dalam Kabinet Indonesia Maju Masa Jabatan 2019-2024.

3.Ganjar Pranowo

Ganjar pranowo memiliki gaya kepemimpinan yang kharismatik, demokratis, komunikatif, dan inovatif. Beliau dikenal akan kepeduliannya terhadap masyarakat. Adapaun beberapa jabatan yang pernah di pangku oleh Ganjar adalah:

1. Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P periode 2004-2009

2. Anggota DPR RI dari fraksi PDi-P periode 2009-2013

3. Gubernur Jawa Tengah 23 Agustus 2013-5 September 2023

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image