Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syabania

Apakah Profesi Akuntan Masih Bertahan di Era Digital?

Bisnis | Monday, 22 Jan 2024, 19:39 WIB

Di era digital pada saat ini banyak memberikan pengaruh dan perubahan yang sangat signifikan terhadap semua lini kehidupan salah satunya adalah akuntansi. Tidak hanya akuntansi hal tersebut juga berpengaruh terhadap profesi akuntan.Benarkah profesi akuntan perlahan akan tersingkirkan? Hal ini bisa saja terjadi jika akuntan tersebut tidak mau mengupdate diri yaitu dengan cara mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba canggih dan seorang akuntan harus memiliki kemampuan Penyesuaian diri atau adaptif. Pilihan untuk menjadi seorang akuntan adalah langkah awal yang benar tetapi akan menjadi pilihan yang salah jika tidak mengikuti perkembangan trend.

Dunia akuntansi tidak bisa terlepas dari perkembangan dunia bisnis dan apabila bisnis berubah maka akuntansi pun harus berubah. Sebagai akuntan yang akan mencatat transaksi bisnis dituntut harus tau yang terjadi diluar sana apa yang mempegaruhi perkembangan bisnis dan trend apa yang sedang terjadi. Akuntansi tidak hanya digunakan pada bisnis, entitas, organisasi tetapi juga pada semua lini kehidupan. Pada saat ini baik akuntansi maupun akuntan masih sangat dibutuhkan.

Peran akuntan adalah membantu orang dalam memberikan informasi untuk membatu mengambil keputusan dibidang ekonomi. Akuntan tersebut berusaha menyajikan stakeholders informasi tentang bagaimana resources dari suatu entitas lalu kemudian bagaimana entitas tersebut berkembang dan bagaimana entitas tersebut kedepan. Akuntan berperan sangat penting dan kemampuan akuntan yang paling utama adalah mengkuantifikasi dari transaksi ekonomi menjadi sedemikian rupa sehingga mudah diukur dari tahun ke tahun, bulan ke bulan, minggu ke minggu dan ini sangat penting untuk mengambil keputusan. Pengambilan keputusan biasanya didasarkan pada informasi yang lalu dikombinasikan dengan informasi yang sekarang dan dikombinasikan dengan proyeksi informasi kedepan. Seorang akuntan mempunyai kapasitas untuk mengkuantifikasikan suatu transaksi ekonomi.

Hal yang harus dilakukan oleh seorang akuntan di era digital diantaranya mengupgrade diri, memiliki keingintahuan yang tinggi, jangan pernah puas dengan ilmu yang didapat dan yang paling utama harus mengikuti perkembangan zaman. Sehingga akuntan tersebut mampu bersaing terhadap dunia luar tidak hanya di indonesia tetapi juga mampu bersaing diluar negeri. Jadi tidak perlu khawatir dengan adanya kemajuan teknologi justru dengan kemajuan ini akan mempermudah pekerjaan akuntan untuk mencatat transaksi.

Syabania, akuntansi ITB-AD

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image