Pengusaha Kaltim Bangun Pergudangan Smart di IKN

Regional  
Jokowi menekan tombol peluncuran pembangunan pergudangan modern di IKN. (Adpimprov)

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA – Investor lokal asal Kaltim kembali bergabung dalam pembangunan di IKN Nusantara. Setelah sebelumnya investor Kaltim membangun membangun Nusantara Super Block, kali ini ada pula yang turut membangun pergudangan modern.

Peletakan batu pertama dilakukan Jokowi di Nusantara Warehouse Park, di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Rabu (17/1/ 2024).

Jokowi menyampaikan rasa bangga dan gembiranya atas keterlibatan investor lokal Kaltim dari Balikpapan yang sebelumnya telah membangun Nusantara Super Block di IKN.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Pergudangan modern berkonsep smart, green dan sustainable di atas lahan 3,3 hektare dibangun investor lokal dari Kalimantan Timur, dari Balikpapan,” ujar Jokowi, sebelum menekan tombol sirine groundbreaking Nusantara Warehouse Park.

Menurutnya investasi pergudangan dilakukan PT Wulandari Bangun Laksana Tbk, dengan nilai yang cukup fantastis. “Investasinya cukup besar, mencapai Rp 100 miliar,” ujar Jokowi.

Pergudangan itu nantinya memanfaatkan teknologi modern dan dinilai bisa meningkatkan efesiensi. Apalagi dengan menerapkan sistem pintar di seluruh layanan. Hal ini bisa memberi layanan logistik lebih cepat serta ramah lingkungan.

Jokowi juga menilai kehadiran jenis usaha baru di IKN akan membuka kesempatan kerja baru dan memicu pertumbuhan ekonomi IKN serta daerah-daerah di sekitarnya, terutama di Kaltim.

Ia berharap Nusantara Warehouse Park akan melengkapi fasilitas pendukung di IKN.

Sekaligus bisa menjadi contoh pergudangan untuk mengurangi biaya logistik dan memperkuat rantai pasok domestik Indonesia.

“Saya senang di IKN banyak sudah investasi saling melengkapi. Seperti hotel, sekolah, rumah sakit, mal, pergudangan, super block, semua saling mengisi,” katanya.

“Kita harapkan semakin meramaikan investasi yang ada di Ibu Kota Nusantara,” imbuh Jokowi.

Direktur Utama PT Wulandari Bangun Laksana Tbk Christopher Sumasto Tjia mengatakan, usai melakukan groundbreaking Nusantara Super Block Desember lalu, pihaknya kembali berniat melakukan investasi berikutnya di IKN.

Sebagai investor lokal pertama dari Balikpapan yang berinvestasi di IKN, pihaknya juga berencana menghadirkan kompleks pergudangan modern dan hijau pertama di IKN.

Selain mendukung kebutuhan di Nusantara Super Block, ia mengakui pihaknya melihat peluang kebutuhan pergudangan untuk kebutuhan logistik di IKN.

“Nilai investasi kami dalam proyek ini sebesar Rp 100 miliar tahap pertama. Kalau sudah mendapat tambahan alokasi lahan, maka investasi kami tambah Rp 500 miliar di tahap berikutnya,” jelasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image