Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Andre Hariyanto

Founder Taklim Jurnalistik: Mas Andre Hariyanto Gelar Pelatihan bersama Universitas Lampung

Info Terkini | Monday, 10 Jan 2022, 20:21 WIB
Foto: Sang Founder Komunitas Taklim Jurnalistik Mas Andre Hariyanto sedang berikan ilmu kepada Mahasiswa UNILA/AR CoGan
Foto: Sang Founder Komunitas Taklim Jurnalistik Mas Andre Hariyanto sedang berikan ilmu kepada Mahasiswa UNILA/AR CoGan

Retizen Republika, LAMPUNG - Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung menggelar Webinar Jurnalistik Milenial (Jurnal) bersama Komunitas Taklim Jurnalistik – Taktik Community.

Webinar itu dihadiri ratusan peserta melalui Google Meet dan maupun yang menonton siaran langsung di YouTube Himasylva dengan tema “Meningkatkan Kreativitas Jurnalistik Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan”.

Foto: Suasana Webinar Jurnalistik Milenial (Jurnal) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung/Mas Andre Hariyanto
Foto: Suasana Webinar Jurnalistik Milenial (Jurnal) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung/Mas Andre Hariyanto

Acara ini diawali dengan sambutan Dr Arief Darmawan SHut, MSc sebagai dosen kemahasiswaan dan Susni Herwanti SHut, MSi selaku sekretaris Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (Unila).

Narasumber webinar jurnalistik itu Mas Andre Hariyanto. Ia owner AR Learning Center, dan juga Direktur Utama Taklim Jurnalistik Group.

Dalam kesempatan tersebut, ia berbagi ilmu dan pengalamannya, seperti bagaimana peran media massa pada saat ini yang kekuatannya sangat besar dalam masyarakat khusus nya dalam memberikan opini publik. Ia juga mengemukakan, untuk menjadi jurnalis harus tetap tabayyun, tidak boleh memihak mana pun.

“Menulis berita itu harus memperhatikan tiga unsur berita yaitu judul, lead (teras berita) dan batang tubuh beritanya. Rumus penulisan berita adalah 5W1H (what, where, who, when, why, dan how). Adapun metode penulisannya piramida terbalik (bagian yang penting ditaroh di sebelah atas),” jelasnya kepada Retizen Republika.co.id pada, Senin (10/01/2022).

Pelatihan online ini berjalan baik dan lancar. Para peserta juga sangat antusias saat sesi diskusi dan tanya jawab dengan melontarkan berbagai pertanyaan yang menarik saat diskusi.

Kepada peserta pelatihan, panitia memberikan tugas untuk membuat berita dengan tema yang telah berikan. Pembuatan berita dilakukan secara berkelompok. Panitia memilih tiga berita terbaik terbaik dan penulisnya mendapatkan hadiah.

Kegiatan tersebut telah berjalan pada Ahad (26/7/2020) dua tahun lalu bersama Mas Andre Hariyanto selaku Owner Lembaga AR Learning Center, Founder Taklim Jurnalistik, Ketua Pembina Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara, dan Pedagang Angkringan Si Ndut Prambanan Jogja. */Mas Andre Hariyanto, AR CoGan

#MasAndreHariyanto #ARCoGan #TaklimJurnalistik #ARLearningCenter #Unila #KampusTrainer #SuaraUtama

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image