Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Fathiyyah

Pengaruh Media Massa terhadap Partisipasi Pemuda dalam Politik

Politik | Saturday, 13 Jan 2024, 18:38 WIB

Seiring berkembangnya Media Massa pada saat ini, Media Massa kerap kali menjadi platform para pemuda untuk mendapatkan informasi atau berita dengan sangat mudah, seperti hal nya Media Sosial menjadi sangat penting di kalangan pemuda karna untuk menjadi sarana untuk mengenal dan mengetahui isu isu politik. Penting bagi pemuda untuk mempelajari dan mengikuti berita dari isu isu politik sekaligus untuk mengembangkan keterampilan dalam mengkritik.

Media massa tentunya sangat berpengaruh dan memiliki efek yang signifikan dalam berkembangnya isu isu politik didalam generasi pemuda. Menurut survei untuk pemilu di tahun 2024 ini ada pada angka 55% untuk pemuda. Tentunya pemuda menjadi sangat penting dalam pemilu tahun ini. Berikut adalah beberapa peran penting pemuda dan media massa dalam menghadapi tahun politik.

· Meningkatkan kesadaran politik. Pemuda perlu memahami pentingnya politik dan hak pilih mereka. Untuk itu mereka harus mencari informasi yang lengkap dan factual tentang isu politik di media massa seperti Koran, Media Penyiaran, dan Film.

· Media social sangat memiliki pengaruh signifikan terhadap partisipasi politik generasi Z.

Kesimpulannya, pemuda dan media massa memiliki peran penting dalam menghadapi tahun politik. Pemuda dapat berperan sebagai agen perubahan dalam politik, sedangkan media massa dapat berperan sebagai penyaji informasi dan edukator politik. Kerja sama yang baik antara pemuda dan media massa akan sangat membantu untuk mewujudkan pesta demokrasi yang sehat dan demokratis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image