Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alwan Maulana

Teknologi Menjamah Dunia Olahraga

Olahraga | Sunday, 07 Jan 2024, 12:23 WIB

Penggunaan Teknologi pada dunia Olahraga sering disebut dengan Teknologi Olahraga. Teknologi Olahraga digunakan untuk membawa Olahraga ke tingkat berikutnya yang dibantu dengan ilmu pengetahuan modern. Teknologi Olahraga berperan sebagai alat penunjang kualitas dan perlindungan atlet ketika sedang menjalani pertandingan.

Memasuki era modern dunia Olahraga pada semua cabang Olahraga saya pikir sangat menguntungkan bagi para atlet, karena mereka tidak perlu menyimpan kekhawatiran tentang “apakah pemimpin pertandingan akan memihak pada salah satu pihak?”.

Perkembangan Teknologi membawa perubahan besar terkhusus pada peralatan Olahraga yang menjadi lebih mutakhir, efisien, mudah digunakan, dan memiliki nilai guna lebih. Berbagai peralatan tersebut dapat menunjang performa atlet. Teknologi dalam dunia Olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi resiko cedera atau kecelakaan pada atlet, melalui peralatan pendukung yang telah diciptakan, selain itu, Teknologi juga berperan membantu kemajuan pencapaian prestasi bagi atlet.

Teknologi dalam dunia Olahraga telah digunakan selama bertahun-tahun dan berperan penting sebagai dalam Olahraga elit atau profesional. Mau tahu apa saja Teknologi pada dunia Olahraga yang dibuat dari bagian perkembangan Teknologi? Berikut beberapa teknologi pada dunia olahraga :

1. Asisten wasit video (VAR)

Teknologi merupakan alat yang diciptakan untuk menjadi asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan yang diambil oleh wasit kepala dengan cara melihat rekaman video secara instan. Sejak uji coba pada Maret 2016 yang dilaksanakan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Hadirnya teknologi ini membuat wasit memiliki akses terhadap video rekaman ulang selama pertandingan dan dapat meminta untuk meninjau ulang insiden lebih jelas seperti pelanggaran yang berpotensi pada pemberian kartu merah pada pemain dengan berkomunikasi aktif dengan wasit utama. Teknologi ini akan membantu wasit untuk memberikan keputusan pada setiap pelanggaran tersebut.

2. Hawk-eye

Hawk - eye diperkenalkan dalam pertandingan cabang olahraga Rugbi, dan telah dipergunakan pada berbagai jenis cabang olahraga, seperti sepak bola, dan tenis. Teknologi ini menggunakan 10 kamera berbeda untuk memperoleh informasi mengenai pergerakan bola serta mengolah informasi tersebut secara statistik untuk menghasilkan video virtual wasit yang dipergunakan untuk mengambil keputusan. Teknologi ini berfungsi untuk membantu wasit dalam pengamatan dan memutuskan bola masuk atau keluar. Sistem hawkeye pada tenis terdiri dari sejumlah kamera dengan tangkapan berkecepatan tinggi yang terhubung satu sama lain ke sistem komputer terpusat melalui kabel serat optik. Gambar yang ditangkap selanjutnya dianalisa oleh sistem komputer guna mensimulasikan lintasan shuttlecock sehingga penentuan bola masuk atau keluar dapat diketahui dengan akurat tanpa ada keraguan sedikit pun dari pengadil yang bertugas pada pertandingan tenis tersebut.

3. Teknologi garis gawang

Teknologi garis gawang ini digunakan untuk memastikan apakah bola sudah melewati garis gawang atau tidak, jika terjadi sebuah gol yang dipermasalahkan. Perangkat dari teknologi ini sendiri berbentuk seperti jam tangan dan digunakan oleh wasit di tangannya. Jam tangan tersebut akan bereaksi dengan getaran jika bola telah melewati garis gawang walaupun penuh kontroversi diantara pemain akan tetapi dengan adanya teknologi ini wasit menjadi lebih bijak dalam menyikapi hal tersebut.

4. Teknologi 94Fifty

Bekerja pada sensor yang ditanamkan pada bola basket. Bola basket yang dilengkapi dengan sensor ini bisa menghitung gairah dan kecepatan membawa bola, serta menghitung berapa cepat anda bisa menembakkan bola ke keranjang. Sensor ini yang akan merekam segala aktivitas bola yang dimainkan oleh pemain dan menghasilkan data statistik yang sangat detail untuk menjadi bahan evaluasi serta arahan bagi pelatih pada pemain.

5. Teknologi Fitness Tracker

Teknologi ini merupakan perangkat elektronik berbentuk gelang, kalung, atau tali pengikat karet yang digunakan di dada saat berolahraga. Teknologi ini juga bisa berupa aplikasi digital yang dapat diunduh di ponsel pintar. Fungsi utamanya adalah merekam aktivitas fisik bersama dengan data lain yang berkaitan dengan aktivitasnya, seperti kecepatan, denyut jantung, intensitas, durasi dan jarak.

Menurut saya pribadi dengan hadirnya berbagai teknologi pada dunia olahraga itu sendiri membawa perubahan yang sangat signifikan terlepas dari pro dan kontra. Teknologi yang semakin maju seperti yang kita ketahui seluruh bidang di kehidupan manusia telah terjamah dengan Teknologi. Perubahan yang saya maksud adalah pertandingan Olahraga menjadi terlihat lebih adil tanpa ada keberpihakan dari pemimpin pertandingan atau biasa disebut sebagai wasit.

Saya sendiri melihat perkembangan ini telah sampai di titik paling penting dalam berbagai pertandingan cabang Olahraga, hanya saja perlu memberikan pembelajaran terhadap petugas yang bertugas untuk mempergunakannya dan cara-cara bagaimana jika pemimpin sudah meminta rekaman singkat pertandingan yang menyoroti satu insiden dalam pertandingan.

Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa dengan adanya teknologi seluruh kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan lebih praktis bahkan menjadi lebih terfasilitasi, contohnya pada dunia Olahraga ini yaitu setiap dalam pertandingan para atlet dimanjakan dengan fasilitas yang ditunjang dengan teknologi. Walaupun memang masih dalam tahap perkembangan namun saya rasa ini sudah sangat mempuni sebagai salah satu fasilitas atau alat yang memanjakan para atlet bahkan para penikmat Olahraga.

Selain adanya beberapa alat yang tadi saya sebutkan di atas masih ada beberapa perangkat dalam ponsel yang dapat memberikan fasilitas dalam dunia Olahraga, seperti contohnya terdapat aplikasi yang memberikan panduan kepada masyarakat bagaimana caranya berolahraga tanpa harus keluar rumah, kemudian ada jenis aplikasi yang dapat menghitung seberapa jauh jarak yang telah kita tempuh dalam berlari, selain itu terdapat pula aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengukur jarak tempuh bersepeda.

Perkembangan Teknologi dalam dunia Olahraga ini harus kita manfaatkan dengan sebaik mungkin, selain dapat menjadikan hidup lebih sehat juga membuat kita melihat bahwa teknologi juga telah sampai di dunia Olahraga bukan hanya dunia perekonomian, informasi dan telekomunikasi. Semoga dengan perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kehidupan masyarakat ikut maju bersamaan serta jadilah masyarakat yang melihat dan mengikuti perkembangan dari tekonlogi ini sendiri.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image