Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lutfiah Indriani

Metode Pengajaran yang Menarik dan Mudah Dipahami untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi

Sastra | Friday, 05 Jan 2024, 00:29 WIB

Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas ilmu yang dilakukan di suatu daerah dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. Dengan kurikulum baru yaitu kurikulum Merdeka Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mempunyai banyak pilihan antara lain KKN Reguler, KKN Non Reguler, dan KKN MBKM yang terbaru.

Rekan saya Arum Dyah (kiri) dan Ahmad Gozali (kanan) melaksanakan latihan untuk persiapan Olimpiade Matematika untuk siswa kelas 3A dan 3B, SD Swasta Al-Huda Surabaya, 29 November 2023.

Salah satu program yang dapat dijalankan bersamaan dengan KKN MBKM adalah Kampus Mengajar. Kampus Mengajar merupakan salah satu program unggulan Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan, pengalaman dan wadah bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Program ini disponsori Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi. KKN MBKM merupakan program kerjasama perguruan tinggi dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program MBKM merupakan program yang fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, khususnya di sekolah-sekolah yang memerlukan dukungan pendidikan tambahan. Selain itu, program ini menyediakan platform yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja di lingkungan pendidikan.

Saya Lutfiah Indriani Mahasiswi Sastra Inggris, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya adalah salah satu peserta dari program Kampus Mengajar 6. Dengan di bawah bimbingan Ibu Linusia Marsih, SS, M.Pd, Sastra Inggris selaku dosen pembimbing lapangan KKN. Saya ditempatkan di SD Swasta Al-Huda Surabaya bersama 3 rekan saya dengan kampus dan program studi yang berbeda. Program yang dilaksanakan untuk numerasi yaitu Ranking 1 dan berhitung mewarnai. Selanjutnya untuk literasi yaitu menceritakan kegiatan sehari-hari setiap 1 bulan sekali dan bercerita di depan kelas dengan durasi 2 menit setiap siswa. Melalui kegiatan ini siswa mampu mengembangkan ilmu berhitung dan meningkatkan percaya diri.

Saya Lutfiah mendampingi siswa kelas 2B mempelajari kosakata Bahasa Inggris, SD Swasta Al-Huda Surabaya, 27 September 2023.

Pada program MBKM Kampus Mengajar ini, kami diberikan tugas oleh KEMENDIKBUDRISTEK untuk meningkatkan literasi dan numerasi. Kami telah membuat program kerja sesuai tingkat Sekolah Dasar dari serangkaian tugas yang mewakili pembelajaran yang menyenangkan dan merangsang keterampilan motorik siswa. “Saya sangat setuju dengan program ini dengan alasan karena kegiatan yang seru membuat mereka (siswa) tidak sadar bahwa mereka sedang belajar dengan teknik bermain, dan anak-anak sangat semangat ketika kakak-kakak (Tim KM) memasuki kelas dan sangat excited untuk belajar bersama kakak-kakak (Tim KM).” Ujar Ibu Dewi Rosyida selaku Kepala Sekolah SD Swasta Al-Huda Surabaya.

#KitaUntagSurabaya #UntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image