Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Nur Asiah

Pengaruh Media Massa Terhadap Kehidupan Masyarakat

Teknologi | Monday, 01 Jan 2024, 23:22 WIB
Foto : serikatnews.com

Media massa atau pers adalah istilah yang awalnya dipakai pada tahun 1920-an untuk sebutan jenis media yang secara khusus difungsikan untuk mencapai masyarakat yang luas atau dalam sehari-hari sering disingkat sebagai media. Dalam perkembangan komunikasi yang terjadi di masyarakat sekarang, media massa memiliki peran penting untuk menyampaikan berita, opini juga hiburan kepada seluruh masyarakat yang tujuannya untuk memberi kabar yang aktual, tajam dan terpercaya. Media massa memiliki berbagai bentuk yaitu surat kabar atau koran, majalah, radio, televisi bahkan internet. Menurut Soehadi, Media massa adalah alat-alat yang biasa digunakan pada massa dalam hubungannya satu sama lain. Menurut Bungin, media massa adalah media informasi dan komunikasi yang melakukan penyebaran informasi secara massa dan dapat diakses oleh masyarakat secara massal. Masyarakat menjadikan media massa sebagai hal yang penting dalam kehidupannya.

Kehidupan masyarakat mencakup pada konsumsi, kebiasaan sehari-hari, persepsi tubuh, dan interaksi sosial. Media massa berperan dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai cara.

Media massa dapat mempengaruhi pola konsumsi masyarakat melalui pengaruh sosial. Saat masyarakat melihat orang terkenal, tokoh publik, idola, atau orang di sekitar mereka mengambil pola konsumsi tertentu, masyarakat umum pasti cenderung terpengaruh untuk mengikuti pola yang sama yang digunakan mereka. Contohnya, ketika media massa sering menampilkan tokoh publik atau idolanya menggunakan merek atau brand pakaian tertentu, masyarakat pasti akan tertarik untuk mengikuti dan membeli produk tersebut agar terlihat sama seperti apa yang idola mereka gunakan. Perilaku masayrakat yang membeli dan menggunakan barang hanya agar terlihat seperti idolanya ini disebut sebagai perilaku konsumtif dimana keadaaan itu disebut berlebihan karena kurang diperlukan dan bukan sebagai kebutuhan yang pokok.

Selain masyarakat berprilaku konsumtif, pengaruh media massa pada masyarakat juga terdapat pada kebiasaan sehari-hari atau gaya hidupnya. Kebiasaan sehari-hari masyarakat biasanya adalah Pola makan, kebiasaan kesehatan, juga rutinitas harian. Televisi sebagai media massa yang tak hanya sebagai sumber informasi, juga sebagai sumber hiburan, iklan dan pendidikan. Televisi seringkali menyajikan siaran-siaran makanan yang menggoda yang akhirnya mempengaruhi pola makan masyarakat yang melihatnya sehingga masyarakat ikut mencoba membuat dan mengkonsumsi masakan atau makanan yang ditampilkan di televisi.

Media sosial termasuk media massa yang berbetuk internet. Dalam media sosial, konten digital juga influencer berpengaruh besar untuk pola konsumsi dan gaya kehidupan masyarakat. Influencer di media sosial mempromosikan produk, merek, dan gaya hidup tertentu kepada pengikut mereka, yang dapat mempengaruhi masyarakat dalam mengkonsumsi dan mempermudah dalam menyebarkan tren tertentu.

Pada interaksi sosial di kehidupan masyarakat, media massa berpengaruh dalam cara masayarakat berkomunikasi, saling berbagi informasi, dan menumbuhkan hubungan antarpribadi dengan mudah. Tetapi, karena mudah berkomunikasi dalam jarak jauh menyebabkan adanya isolasi sosial dimana masyarakat tidak perlu mendatangi kerabat secara langsung untuk memberi atau mendapatkan informasi menjadi dampak negatif dari media massa.

Dampak positif media massa bagi kehidupan masyarakat secara umum,

Media massa saat ini memiliki banyak dampak yang sangat positif dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi secara luas, memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga dan kerabat yang jauh sekalipun.

Masyarakat dapat mengirim dan menerima informasi yang diinginkan dan dibutuhkan dengan mudah dan cepat, sebagai sarana promosi dengan berbagai macam produk dan jasa yang ditawarkan di iklan-iklan dalam surat kabar, televisi dan internet.

Dampak negatif media massa bagi kehidupan masyarakat secara umum,

Dalam penggunaan media massa ada dampak negatif yang biasa ditemukan di masyarakat, seperti sekarang ini media massa dijadikan wadah untuk menanamkan rasa tidak suka terhadap orang lain dengan mengunggah dan menyebar luaskan apa-apa yang tidak pantas mengenai orang tersebut sehingga orang yang melihat dan membacanya bisa saja terbawa dan hanyut untuk ikut memiliki kebencian terhadap orang tersebut.

Adapun fungsi media massa yang sebenarnya adalah sebagai informasi yang menjadi fungsi utama dari media massa karena informasi merupakan kebutuhan masyarakat secara luas dan aktual. Selain itu, media massa sebagai pengawas mengenai informasi-informasi yang tersebar di pemberitaan sehingga masyarakat khususnya pemerintah dapat melihat dan mengawasi kinerja sampai kebijakan yang dibuat pemerintah juga dampak-dampak kedepannya untuk masyarakat. Media massa juga berfungsi sebagai persuasi atau dapat mempengaruhi opini publik ketika publik atau masyarakat melihat dan membaca sesuai apa yang disajikan media massanya. Selain sebagai sumber informasi, media massa juga berfungsi sebagai hiburan dimana media massa menyediakan berbagai hiburan seperti acara komedi sampai film yang banyak diminati masyarakat.

Dengan adanya media massa, tentunya kita sebagai masyarakat perlu untuk selalu bijak dalam menerima berbagai bentuk informasi yang didapatkan dengan memilih dan memilah informasi dari fakta dan berbagai sudut pandang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image