Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Defi Pambayun

Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

Eduaksi | Tuesday, 26 Dec 2023, 20:39 WIB

masa remaja adalah masa yang mudah sekali untuk dipengaruhi lingkungan sekitar serta rawan terhadap pengaruh – pengaruh negatif, seperti penggunaan narkoba. Kenakalan remaja ini dari tahun ke tahun semakin meningkat, Kenakalan remaja satu ini sendiri merupakan suatu perilaku salah melanggar norma dan hukum yang berlaku dalam masyarakat.Apa itu Narkoba? narkoba obat-obatan yang mengandung zat adiktif /berbahaya dan terlarang. belakangan ini amat porpuler di kalangan generasi muda bangsa Indonesia, sebab penyalahgunaan ini telah merabak di lingkungan kampus.

A. Dampak ngeatif penggunaan narkoba mengapa narkoba sangat dapat merusak dan memberi dampak negatif yang besar bagi para remaja atau generasi zaman sekarang? berikut 3 contoh contoh dampak negatif dari konsumsi narkotika

  1. Menyebabkan kecanduan efek candu dari penggunaan membuat narkoba menjadi sangat berbahaya. Jika mengkonsumsinya, akan muncul terus keinginan untuk menggunakannya. Bahkan semakin lama dosis yang digunakan semakin tinggi.cara yang mungkin dapat menjadi solusi ketika seseorang sudah mengalami kecanduan aalah dengan melakukan rehabilitasi.
  2. Menurunkan kesadaran Hal ini membuat pengguna narkoba kesulitan untuk melakukan aktivitas. Kesulitan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar salah satu bahaya narkoba bagi generasi muda. dan efek tidak hanya terasa saat mengkonsumsinya tetapi juga beberapa saat setelah mengunakannya.
  3. Dehidrasi Dehidrasi juga merupakan bahaya narkoba. disebabkan oleh defisit cairan dalam tubuh dan biasanya diikuti dengan ketidakseimbangan elektrolit. Dehidrasi tidak boleh dianggap sepele karena dapat memicu kondisi lainnya yang dapat membahayakan tubuh seperti hilang konsentasi, serangan panik, bahkan bisa sampai terjadinya kejang.

Satuan Petugas Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P3GN) Polri, berhasil mengungkap 1.643 kasus narkoba sepanjang periode 1-17 Oktober 2023. Dari pengungkapan tersebut, sebanyak 2.431 tersangka berhasil ditangkap. ketahuilah bahwa narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa ini. Hal ini dikarenakan barang haram ini dapat menghancurkan masa depan generasi muda sebagai calon penerus bangsa.

Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap generasi muda. Banyak hal yang masih bisa dilakukan untuk mencegah remaja dalam penyalahgunaan narkoba, dan membantu remaja yang sudah terjerumus penyalahgunaan narkoba.

Ada tiga tingkat intervensi, yaitu :1. Primer sebelum penyalahgunaan terjadi, biasanya dalam bentuk pendidikan, penyebaran informasi mengenai bahaya narkoba, pendekatan melalui keluarga, dll. Instansi pemerintah, seperti halnya BKKBN, lebih banyak berperan pada tahap intervensi ini.2. Sekunder pada saat penggunaan sudah terjadi dan diperlukan upaya penyembuhan (treatment).3. Tersier yaitu upaya untuk merehabilitasi mereka yang sudah memakai dan dalam proses penyembuhan.Para pencandu narkoba adalah mereka remaja pada umumnya berusia 11 smpai 24 Tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar, Awalnya mencoba lalu mengalami ketergantungan.

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja adalah sebagai berikut :

  • Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian.
  • Sering membolos, menurutnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran.
  • Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah.
  • Sering menguap, mengantuk dan malas tidak mempedulikan kesehatan diri suka mencuri untuk membeli narkoba.

DAFTAR PUSTAKA(1) Dr. Rizal fadli (2023) Ini Dampak Negatif Penggunaan Narkoba bagi Generasi Muda. Jakarta selatan; halodoc.com(2) Diva aulia (2020) Bahaya Narkoba dan Penanggulangannya Bagi Generasi Muda. Ternate; malut.bnn.go.id(3) Salsabila Dinda (2018) Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Generasi Muda. Jakarta; binus.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image