Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Bus tanpa Supir Diyakini Bakal Kurangi Insiden Kecelakaan di Jalan Raya

Teknologi | Saturday, 23 Dec 2023, 08:43 WIB
National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyebut selama ini 94 persen kecelakaan kendaraan di jalan raya disebabkan oleh faktor kesalahan manusia atau keputusan yang buruk dari pengemudi. Foto: Abdan Syakura/Republika via republika.co.id.

OTOMATISASI segera mendominasi kehidupan kita semua. Teknologi robotika dan sistem kecerdasan buatan akan semakin lekat dalam aktivitas keseharian kita dan menjadikan kehidupan kita semakin mudah.

Datangnya era robotika dan otomatisasi membuat kian banyak jenis pekerjaan dipastikan hilang. Pekerjaan -pekerjaan yang semula dilakukan oleh tangan manusia, bakal dikerjakan oleh mesin.

Di sektor transportasi, misalnya, bus tanpa pengemudi tinggal menunggu waktu membanjiri jalanan kita. Artinya, kita bakal segera mengucapkan selamat tinggal pada profesi supir bus. Di masa depan, tak akan ada lagi cerita bus berpengemudi dan berkondektur.

Supir bus dan kondektur bus bakal segera menjadi pekerjaan masa silam, yang mungkin terlalu indah untuk dikenang.

Dikutip dari iotforall.com, bus otonom alias bus tanpa pengemudi sudah diuji di banyak negara. Ujicoba dilakukan di jalan umum dan melibatkan sejumlah penumpang.

Di Swedia, bus Volvo 7900 yang berdaya listrik dan tanpa pengemudi diujicoba beberapa waktu lalu. Bus yang sama juga diujicoba di Singapura.

Pihak Volvo menyatakan bahwa bus ini dilengkapi dengan sensor dan kontrol navigasi yang dikelola oleh sistem kecerdasan buatan (AI).

Sementara kalangan meyakini bus otonom akan lebih aman daripada bus yang disopiri manusia.

Data statistik National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memperlihatkan bahwa selama ini 94 persen kecelakaan kendaraan di jalan raya disebabkan oleh faktor kesalahan manusia atau keputusan yang buruk dari pengemudi.

Sebagian pakar berpendapat bus tanpa pengemudi mungkin akan segera memberikan solusi untuk masalah kecelakaan di jalan raya kota-kota kita.

Dari segi ongkos, bus tanpa pengemudi berpotensi mengurangi biaya operasional secara substansial, karena perusahaan bus tak perlu lagi menggaji supir maupun kondektur.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image