Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pelatihan Daya Fokus pada Anak-anak Perkampungan Sosial Pingit

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 21 Dec 2023, 03:13 WIB
Foto bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta dengan pengurus Perkampungan Sosial Pingit.

Yogyakarta, 9 November 2023 - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan pelatihan daya fokus pada anak-anak di Perkampungan Sosial Pingit, Kecamatan Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perkampungan Sosial Pingit merupakan sebuah perkampungan yang didirikan oleh sebuah yayasan. Perkampungan Sosial Pingit yang terletak di daerah Pingit, Yogyakarta yang juga berdekatan dengan bantaran Sungai Winongo. Pada awalnya, Perkampungan Sosial Pingit merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang pengembangan atau biasa disebut juga dengan community development. Anak-anak Perkampungan Sosial Pingit ini diberi pendampingan belajar setiap hari Senin dan Kamis pada pukul 19.00-21.00 WIB dan pada hari Sabtu pada pukul 16.00 – 18.00. Anak-anak Perkampungan Sosial pingit ini lebih diajarkan bagaimana agar melatih kreativitas dan fokus belajar anak-anak Perkampungan Sosial pingit yang rata-rata berusia empat sampai empat belas tahun.

Anak-anak yang berada di Perkampungan Sosial Pingit ini sudah mulai terpengaruh dengan kemajuan teknologi digita yaitu gadget atau handphone. Adanya gadget cukup membawa dampak yang kurang baik bagi anak-anak dimana konsentrasi mereka dalam belajar dapat terganggu, terdistraksi, bahkan hingga mengalami penurunan.

Berdasarkan kondisi tersebut, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta angkatan 2021 dari kelompok 3 mengadakan Proyek Sosial di kawasan Perkampungan Sosial Pingit Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun solusi yang ditawarkan dari Proyek Sosial ini adalah mahasiswa dapat membantu dalam memberikan edukasi pemahaman materi mengenai “Daya Fokus” melalui metode video pembelajaran berupa pembelajaran bahasa inggris, dan permainan dengan menggunakan properti-properti pendukung yang mudah dipahami dan menarik perhatian anak-anak di kawasan Perkampungan Sosial Pingit.

Melakukan Proyek Sosial tentu bukanlah hal yang mudah, pastinya ada kendala-kendala yang dihadapi. Seperti kendala dalam menentukan waktu untuk pelatihan karena pihak penyelenggara yang masih ada tanggung jawab dalam tugasnya sebagai seorang mahasiswa, serta menjaga situasi agar tetap kondusif selama pelatihan di Perkampungan Sosial Pingit.

Ucapan terima kasih kami berikan kepada Tuhan yang Maha Esa, Pihak Universitas Amikom Yogyakarta, Orang Tua, Dosen Pembimbing, teman-teman yang terlibat dalam Proyek Sosial serta adik-adik dan pengurus Perkampungan Sosial Pingit.

Semoga dengan dilaksanakannya Proyek Sosial mengenai “Daya Fokus” di Kawasan Perkampungan Sosial Pingit diharapkan bisa menjadi acuan kepada Orang Tua dalam meningkatkan kesadaran tentang pengaruh buruk dari kecanduan gadget bagi anak-anak sejak usia dini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image