Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fokker

BTS SMA Malahayati Usung Tema Jaga Budaya Nusantara

Eduaksi | Thursday, 21 Dec 2023, 02:00 WIB
Gayeng Srikandi XII IPS 2 SMA Malahayati di Anjungan Jawa Tengah, TMII

Siapa bilang, generasi zaman now lebih tertarik dengan budaya asing? Wacana terkikisnya budaya Nusantara, kiranya tidak tepat jika melihat aksi yang dilakukan oleh para siswa/i SMA Malahayati kali ini.

Kegiatan akhir sekolah, yang dimeriahkan dengan aksi foto tahunan bersama pun dilakukan dengan mengusung tema budaya Nusantara. Kali ini dengan membawa budaya khas Jawa, sebagai bentuk ekspresi berkebudayaanya.

"Kita nggak boleh lupa sama budaya bangsa, ditengah gempuran budaya asing", kira-kira demikian ungkap Ica, selaku salah satu koordinator kegiatan tersebut.

Memilih tema budaya Nusantara, tentu memiliki tantangan tersendiri kala pelaksanaannya. Namun, memiliki keseruan yang tidak dapat dilupakan ketika menjalankannya. Tak terkecuali pada pengunjung di Anjungan Provinsi Jawa Tengah banyak yang memberi animo positif.

Tema budaya Jawa, merupakan salah satu opsi dari berbagai tema adat Nusantara yang terlontar dari ide dan kreasi anak-anak SMA ini. Dengan harapan, dapat memberi inspirasi bagi generasi muda untuk dapat mengekspresikan budaya lokal dimanapun berada.

"Bukan justru malu, dan tidak "pede", kenapa tidak, toh ini adalah budaya bangsa kita sendiri", ungkap Marcelo di sesi kegiatan.

Siswa/i Kelas XII SMA Malahayati, Anjungan Provinsi Jawa Tengah, TMII

Kiranya, tidak mesti harus ke Jawa, jika kita ingin berekspresi tentang budaya Jawa. Taman Mini Indonesia Indah (TMII), adalah destinasi wisata berkonsep Nusantara yang sedianya dapat dikunjungi. Pun dengan Provinsi lainnya, dari Aceh hingga Papua, semua ada disini.

Mencintai bangsa, dengan mengenal berbagai adat dan budayanya, sudah seharusnya dapat mendiaspora dalam berbagai bentuk media pembelajaran. Edukasi mengenai budaya di tengah arus budaya global, sudah seharusnya dapat terus dilakukan oleh generasi muda.

Catatan terbaik yang dapat diberikan, tak lain adalah dengan menjaga budaya adalah kunci utama dari kebesaran bangsa Indonesia. Budaya populer tidak melulu menjadi budaya trendi yang dapat menjamin masa depan generasi muda.

Melainkan dari budaya bangsanya sendiri, dalam berbagai aspek positif yang ada. Sudah sewajibnya dapat terus dijaga dan dilestarikan oleh kita semua.

"Tinggal bagaimana kemauan kita untuk mengeksplorasi budaya bangsa sebagai wujud kecintaan kita terhadap Indonesia", tutup Fokker.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image