Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dini Amalia

Positive Parenting: Tipe Pengasuhan Orang Tua yang Baik

Parenting | Wednesday, 20 Dec 2023, 16:41 WIB

Perkembangan perilaku pada masa anak-anak merupakan momen penting bagi orang tua dalam mengasuh anak mereka. Peran orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak mereka sangat penting selama masa perkembangan perilaku yang baik dan buruk dalam keseharian. Ketika orang tua menerapkan pengasuhan yang salah tentu akan berdampak pada perkembangan anak saat mereka tumbuh nanti. Maka dari itu, orang tua perlu mempelajari seperti apa pola asuh yang positif pada anak agar tidak mengalami akibat dari pola asuh yang salah.

Sebelum itu, apa sih positive parenting itu? Pola asuh positif menurut Skinner (Maharani et al., 2022) memiliki karakteristik pengasuhan seperti memberikan kehangatan, pola terstruktur, dan peran orang tua dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan dari psikologis anak secara utuh, dengan begitu orang tua dapat memperoleh perkembangan anak yang positif. Selain itu, positive parenting juga mengarahkan pada orang tua yang bersifat hangat dan suportif dengan peraihan prestasi akademik, perkembangan psikososial, emosi yang stabil, dan kedewasaan berkembang baik pada anak (Tabak & Zawadzka, 2017). Dengan begitu, pengasuhan yang positif merupakan pengasuhan yang penting pada perkembangan anak dan perlu diterapkan dari setiap orang tua.

Pengasuhan positif menurut beberapa penelitian yang paling disarankan adalah pola asuh otoritatif atau disebut juga pengasuhan demokratis. Orang tua akan mendukung anak sesuai dengann kebutuhan mereka saat menjelajahi segala hal yang baru diketahuinya saat masa perkembangan. Akan tetapi, anak tetap diberikan pengarahan mengenai batasan yang perlu dipahami. Pengasuhan ini juga mementingkan peran orang tua untuk membimbing dan memberikan perhatian yang penuh pada anak dalam setiap perkembangannya. Dengan kebebasan dan peraturan yang ditetapkan, orang tua dan anak akan dapat menjalin hubungan yang positif dalam keluarga.

Beberapa hal yang dapat memberikan hubungan yang baik dengan anak dalam pola asuh positif dari orang tua adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Kebebasan pada Anak Secukupnya

Pengasuhan demokratis akan diberikan pada anak untuk mempelajari setiap hal baru dalam perkembangannya. Seperti ketika anak belajar untuk berjalan, berikan anak waktu untuk mencoba sendiri. Setelah itu, barulah orang tua membantu anak dengan memegang tangan anak secara penuh hati-hati. Jika anak tidak berusaha secara mandiri terlebih dahulu, hal itu akan membuat dirinya mudah untuk meminta bantuan orang disekitarnya selalu.

2. Dengarkan Pendapat Anak

Anak akan terus berkembang sampai mereka sudah memiliki pikiran yang lebih luas. Ketika anak sudah memahami tentang kehidupannya, orang tua memiliki peran untuk mengarahkan dan memberikan pelajaran tentang kehidupan yang baik perlu dipahami terlebih dahulu. Jika anak berpendapat lain, orang tua ada baiknya dengarkan pendapat anak lalu ambil pesan yang ingin disampaikan anak dalam pendapat mereka. Selain itu, anak juga perlu menerapkan setiap pesan orang tua agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan Batasan dengan Kebutuhan Anak

Dalam setiap keperluan yang anak inginkan, ada hal penting yang perlu orang tua perhatikan. Setiap anak diberikan dukungan dalam hal yang mereka inginkan, orang tua perlu berikan batasan juga agar anak tidak mengambil Keputusan yang salah. Apabila menurut orang tua keinginan anak tidak realistis, anak perlu memikirkannya. Namun penting juga bagi orang tua untuk menjadikan batasan yang diberikan pada anak sesuai dengan kebutuhan mereka untuk menjaga hubungan yang baik antar orang tua dan anak.

Masa perkembangan anak sangat penting dalam peranan dari orang tua untuk mengarahkan ke hal yang baik. Saran pengasuhan yang memiliki dampak yang baik bagi anak adalah tipe pola asuh orang tua demokratis. Dengan pengasuhan ini, hubungan anak dengan orang tua dapat berjalan dengan komunikasi dua arah sehingga memberikan hubungan yang baik. Berdasarkan pendapat dari Putro (Nadhifah et al., 2021) juga menyatakan bahwa pengasuhan orang tua yang baik dengan lingkungan yang mendukung tentunya akan berdampak positif pada perkembangan anak. Dengan begitu, tipe pengasuhan yang diharapkan orang tua gunakan pada anak mereka dengan pengasuhan demokratis.

Pada kesimpulannya, orang tua perlu lebih mempelajari bagaimana pola asuh yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan agar tidak menghambat kedua aspek tersebut pada anak mereka. Orang tua memiliki cara yang beragam dalam mengasuh anak mereka. Ketika orang tua memiliki cara pengasuhan yang positif tentu akan berdampak baik pada anak. Oleh karena itu, sebelum memberikan pengasuhan pada anak, ada hal penting bagi orang tua yaitu untuk memahami terlebih dahulu seperti apa cara pengasuhan yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image