Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Marizqia Tamara Juvianinda

Butuh Relaksasi di Waktu Senggang? Coba Mainkan Game Ini!

Games | Wednesday, 20 Dec 2023, 16:17 WIB
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Game ini memiliki banyak seri yang bisa dimainkan, contohnya seri game Harvest Moon: A Wonderful Life. Game ini dirilis dengan nama yang berbeda yakni STORY OF SEASONS: A Wonderful Life sebab Harvest Moon kini telah menjadi dua game yang berbeda. Hal ini di sebabkan oleh Marvelous, pengembang asli Harvest Moon, telah mengganti distributor luar negeri mereka dari Natsume menjadi XSEED. Saat ini, game STORY OF SEASONS: A Wonderful Life bisa dimainkan di Nintendo Switch, Xbox Series X/S, PlayStation 5, dan PC.

https://store.steampowered.com/app/2111170/STORY_OF_SEASONS_A_Wonderful_Life/" />
Sumber: https://store.steampowered.com/app/2111170/STORY_OF_SEASONS_A_Wonderful_Life/

Kenapa sih Game ini Menarik?

Game ini menjadi menarik dimainkan terutama untuk kalian yang sedang ingin melakukan relaksasi di waktu senggang karena game ini sangat ringan. Kalian akan diajak untuk menjalani kehidupan sehari-hari sebagai warga desa Forgotten Valley yang bahagia. Di waktu luang, kalian dapat menikmati pemandangan desa yang memiliki grafik jauh lebih baik daripada grafik yang ada saat game ini pertama kali rilis di GameCube. Terlepas dari perubahannya yang signifikan, game ini tetap memegang ciri khas yang sama dengan versi lamanya yakni desain karakter dan penempatan bangunannya. Dengan ciri khas ini, kalian yang mungkin pernah memainkan Harvest Moon di GameCube dan PlayStation 2 dapat merasakan nostalgia masa lalu yang mengasyikkan!

https://store.steampowered.com/app/2111170/STORY_OF_SEASONS_A_Wonderful_Life/" />
Sumber: https://store.steampowered.com/app/2111170/STORY_OF_SEASONS_A_Wonderful_Life/

Detail-Detail Kecil yang Unik

Beberapa detail yang kecil namun unik yang dapat menarik minat kalian untuk memainkan game ini adalah pada awal game kita dibimbing oleh Takakura cara untuk bertani, diperkenalkan kepada masyarakat Forgotten Valley. Lalu terdapat fitur untuk mendesain karakter sesuai keinginan sendiri, memilih gender sendiri, memberikan nama ke anak, hewan ternak, hewan peliharaan bahkan ladang pertanian sendiri. Tak hanya itu, kalian juga dapat memasak makanan menggunakan resep yang dibuat sendiri maupun resep yang sudah tersedia dalam game, memantau status kedekatan karakter dengan masyarakat desa dan hewan, memilih pasangan sendiri, memilih jawaban sendiri saat melakukan percakapan, memancing ikan, bertani, pergantian musim, menonton televisi, hingga menghadiri acara yang diadakan oleh masyarakat Forgotten Valley seperti festival yang tertulis di kalender rumah. Bahkan, karakter yang kita buat dapat semakin tua seiring berjalannya waktu. Sangat realistis bukan?

https://store.steampowered.com/app/2111170/STORY_OF_SEASONS_A_Wonderful_Life/" />
Sumber: https://store.steampowered.com/app/2111170/STORY_OF_SEASONS_A_Wonderful_Life/

Kekurangan dan kelebihan

Kelebihan dari game ini adalah game ini dapat mempertahankan ciri khasnya sejak awal rilis hingga sekarang terlepas dari peningkatan teknologi, memiliki grafik yang hidup sehingga dapat menciptakan perasaan tenang dan betah saat bermain, hingga memiliki side story yang menarik mengenai karakter warga desa sehingga kalian dapat mengenal sisi lain dari game ini. Selain itu, satu musim hanya memiliki sepuluh harı sehingga suasana dalam game cepat berganti untuk menghindari timbulnya rasa bosan. Kelebihan-kelebihan ini amat membuat pemain mejadi tidak sabar menunggu apa yang akan terjadi di harı berikutnya.

Namun, beberapa pemain mengomentari kekurangan yang nampak dari game ini. Contohnya seperti harga yang mahal, hanya memiliki peta desa sehingga permainan terasa sedikit monoton, hingga syarat untuk memiliki pasangan baru pada tahun pertama untuk melanjutkan permainan di tahun kedua yang dianggap menyulitkan pemain.

Game STORY OF SEASONS: A Wonderful Life ini memanglah game tua karena fitur-fiturnya berasal dari adaptasi game Harvest Moon. Akan tetapi, hal yang membuatnya menarik memang ciri khas yang tidak bisa dicari di game lain. Game ini sangat layak untuk dijadikan pilihan relaksasi dengan fitur, grafik, dan suasananya meskipun ada orang yang menganggap bahwa harganya terlalu mahal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image