Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Capstone Mahasiswa Ekonomi Syariah IPB Univer

Mengenal Lebih Dekat dengan BPRS Botani Bina Rahmah

Ekonomi Syariah | Wednesday, 20 Dec 2023, 15:24 WIB

Dalam era perbankan yang semakin berkembang dan kebutuhan masyarakat dalam keuangan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) menonjol sebagai entitas keuangan yang menggabungkan prinsip-prinsip ekonomi syariah dengan pelayanan keuangan kepada masyarakat. Melihat hal ini BPRS Botani Bina Rahma, membawa visi “Menjadi role model Bank berbasis perguruan tinggi, yang farmable & mendukung socio-technopreneur”siap melayani kebutuhan masyarakat. Sebelum mengenal BPRS Botani Bina Rahman lebih jauh, apa sih pengertian dari BPRS itu sendiri?

BPRS (Bank Pembiayaan Rakyat Syariah) adalah bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah serta tidak memberikan jasa dalam lalu-lintas pembayaran. Berdasarkan UU No. 21 Tahun 2011, BPRS dilarang menerima giro,kegiatan valas, dan perasuransian. Dengan ini, BPRS memiliki kegiatan yang lebih sempit dibandingkan dengan kegiatan bank umum.

Adapun Kegiatan usaha yang dilakukan oleh BPRS sebagai berikut :

 

  • Menghimpun dana dari masyarakat
  • Menyalurkan dana dalam masyarakat
  • Menempatkan dana pada bank syariah lain dalam bentuk titipan atau investasi
  • Memindahkan uang, baik untuk keperluan pribadi maupun kepentingan Nasabah
  • Menyajikan produk atau melaksanakan aktivitas bisnis Bank Syariah lainnya

Lanjut kepada BPRS Botani Bina Rahmah, dimana BPRS ini dicetuskan dari diskusi pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) wilayah Bogor yang dipimpin oleh H. Sjafri Mangkuprawira pada bulan Oktober 1992. Selanjutnya, BPRS yang terletak di Kabupaten Bogor mulai disahkan dan beroperasional pada tanggal 6 September 1996. Dalam pengesahan tersebut langsung diprakarsai oleh Prof. BJ Habibie yang pada saat itu sebagai ketua umum ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia).

Nama BPRS Botani Bina Rahmah merupakan nama baru yang sebelumnya BPRS ini bernama BPRS Bina Rahmah saja. Pada tahun 2017, BPRS tersebut diakuisisi oleh PT Bogor Life Science and Technology (BLST) sebagai Holding Company Institut Pertanian Bogor (IPB). Adapun, sebesar 55% saham dari PT BPRS Bina Rahmah diakuisisi.

Sesuai dengan pengertianya BPRS Botani Bina Rahma bergerak di bidang usaha perbankan syariah. BPRS ini memulai usahanya dengan modal dasar sebesar 10 miliar rupiah. Adapun segmen dari usahanya, yaitu bisnis komersial, bisnis konsumer, dan bisnis mikro. BPRS yang berlokasi di Jl. Babakan Raya No. 26 Dramaga, Kab. Bogor ini mengeluarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat seperti, tabungan, deposito, dan pembiayaan. Produk tersebut diperuntukkan dalam memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat.

Lewat slogan “Kerja CERDAS” BPRS Botani Bina Rahma menjalankan usahanya dengan produk-produk yang ditawarkan. Adapun arti dari slogan tersebut, C untuk cermat, E untuk Energik, R untuk ramah, D untuk disiplin, A untuk amanah, dan S untuk setia. Dengan slogan ini BPRS Botani Bina Rahma hadir di tengah masyarakat agar menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk membantu keuangan mereka.

Dalam menjalankan usahanya BPRS Botani Bina Rahma telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setiap triwulan BPRS Botani Bina Rahma juga akan mengeluarkan laporan keuangan yang akan dibandingkan dengan triwulan tersebut pada tahun sebelumnya (bisa diakses pada halaman bprsbotani.co.id). Sebagai contoh, total aset pada triwulan III tahun 2023 naik sebesar 55% dari Rp93.010.102.000 (triwulan III 2022) menjadi Rp144.177.792.000 (triwulan III tahun 2023)

BPRS Botani Bina Rahmah terus meningkatkan kinerja mereka dalam melayani kebutuhan keuangan masyarakat serta menguatkan ekonomi syariah di Indonesia. Dengan mengutamakan kerja cerdas, produktif, dan berkualitas, BPRS ini berhasil memperoleh banyak penghargaan. Pada tahun 2022, mereka berhasil menerima penghargaan BPRS terbaik untuk kategori “Pemberdayaan Nasabah” dalam ajang BPRS Award. Begitu juga pada tahun 2023, mereka meraih penghargaan Infobank Sharia Recognition 2023 dengan kinerja keuangan terbaik untuk kategori BPRS beraset Rp 100 miliar sampai dengan Rp 250 miliar pada Islamic Business Forum (IBF) 2023. Selanjutnya, pada tahun yang sama mereka juga menerima penghargaan BPRS terbaik dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2023.

Melihat pengalaman dan kinerja yang diberikan BPRS Botani Bina Rahma , tidak diragukan lagi mereka dapat menjadi pilihan masyarakat dalam membantu keuangan mereka lewat produk-produk yang diberikan. Penghargaan yang mereka peroleh juga tidak hanya tercermin dalam pertumbuhan kinerja yang pesat, melainkan juga dalam inovasi produk dan layanan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, semua hal tersebut sejalan dengan visi mereka untuk menjadi role model dalam pelaku usaha perbankan yang mengedepankan ekonomi syariah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image