Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image HARITS DAKSA PUTRA

Lebih Penting Gear atau Skill?

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 01:05 WIB

“Foto”, begitu luas arti dibalik kata tersebut. Apalagi bicara soal “Fotografi”, banyak orang saat ini yang semakin salah kaprah dan salah melihat tentang fotografi. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa fotografi hanya sekedar mengambil foto. Mereka benganggapan mengambil foto merupakan hal yang gampang. Pada kenyataannya mengambil foto untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat dinikmati cukup rumit dan banyak sekali teknik – teknik yang harus di pelajari.

ilustrasi fotografi Foto: ig @budalshoot

Tidak berhenti sampai disitu saja, di kalangan para fotografer perdebatan antar fotografer juga sering kali terjadi. Mereka dibagi menjadi dua kubu. Kubu pertama adalah para fotografer yang percaya bahwa gear atau kamera/lensa yang mereka gunakan yang sangat mempengaruhi hasil berbeda dengan kubu kedua. Pada kubu yang kedua, mereka percaya bahwa keterampilan dan jam terbang yang tinggi adalah yang sangat berpengaruh dalam foto yang dihasilkan.

ilustrasi gear kamera Foto: ig @jualkamera

Namun di setiap kubu memiliki perbedaan pemikiran atau perbedaan pandangan lagi. Pada kubu yang pertama, mereka ada yang membedakan dari harga gear yang dimiliki dan ada yang membedakan dari merk yang dipakai. Dan pada kubu yang kedua, ada yang beranggapan bahwa keterampilan mengambil foto lebih dibutuhkan dibanding keterampilan editing. Ada juga yang menganggap kemampuan editing sangat diperlukan walaupun tidak memiliki kemampuan mengambil foto yang baik.

Nyatanya dalam dunia fotografi, semua faktor tersebut sangat berpengaruh dalam hasil foto yang di ambil. Menurut Enche Tjin seorang guru fotografi, lewat lamannya ia menjelaskaan bahwa gear sangat mempengaruhi hasil foto yang di ambil. Ia berpendapat pada era kamera digital seperti sekarang, kamera dan lensa yang dipakai memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan kualitas foto yang diambil. ia menjelaskan bahwa kamera yang semakin bagus akan menambah kinerja kamera menjadi semakin lebih baik. Ia menambahkan pengaruh lensa terhadap kamera yang menentukan hasil dari foto yang diambil seperti dari ketajaman, bokeh (kehalusan bagian yang tidak fokus), warna, distorsi, dan vinyet (penggelapan sudut gambar). Jadi kamera dan lensa memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang bagus. Tanpa lensa, kamera tidak dapat mengambil foto dan sebaliknya tanpa kamera, lensa tidak dapat mengambil atau memproses foto.

Apakah dengan kita memiliki gear yang bagus kita dapat menghasilkan foto yang bagus? Jawabannya adalah tidak. Untuk menjadi fotografer tentunya tidak hanya bermodalkan peralatan yang ‘wah’ dalam arti jenis kamera dan lensa yang lengkap dan bagus. Salah satu kunci yang sangat penting bagi fotografer adalah menguasai teknik-teknik fotografi. Banyak sekali teknik fotografi yang akan menambah variasi dan keindahan foto sehingga hasilnya menarik dan dapat dinikmati banyak orang. Beberapa contoh teknik foto yang ada adalah Panning (membekukan gerakan pada benda yang bergerak), Siluet (objek gelap dengan latar belakang lebih terang), Macro (foto yang diambil pada jarak yang dekat), Motion Blur (membuat efek blur pada objek foto), dan masih banyak teknik foto yang lain. Ada teknik foto yang memerlukan lensa khusus seperti Macro karena lensa harus memiliki cermin fokus tambahan untuk objek yang dekat dan detail yang harus didapatkan.

Selain teknik – teknik diatas masih banyak kemampuan atau skill yang harus di miliki fotografer. Tidak hanya alat yang bagus, namun kemampuan ini sangat penting dimiliki seorang fotografer. Diantaranya:

1. Kepekaan Visual

Hal yang penting dimiliki seorang fotografer yaitu harus bisa peka terhadap bagaimana menciptakan komposisi dan visual foto yang menarik.

2. Komunikasi yang Baik

Yang tidak kalah penting dan sering ditinggalkan adalah komunikasi. Ketika kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan objek atau model kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Gesit dan Cekatan

Seorang fotografer juga harus cekatan dalam mengambil momen momen yang terjadi sangat cepat. Jika tidak, maka momen tersebut bisa terlewat.

4. Keterampilan Komposisi

Komposisi ini tidak bisa diganti dengan gear yang bagus. Ini adalah kemampuan yang harus diasah bagi para fotografer agar dapat menghasilkan foto yang bagus.

Keterampilan editing juga tidak kalah penting dalam menghasilkan foto yang bagus dan maksimal. Dengan kita terampil dalam mengedit suatu foto, kita dapat memenuhi kekurangan dari foto yang kita ambil karena keterbatasan gear dan yang lainnya. Namun mengedit tidak dapat dilakukan sembarangan. Karena foto yang kita edit bisa menjadi norak dan tidak bagus karena tidak pandai dalam mengedit. Dari proses editing ini kita dapat memperbaiki atau menyelamatkan foto yang hampir dibuang.

Fotografi bukan hanya mengambil foto. Namun didalamnya banyak faktor dan aspek yang mempengaruhi foto tersebut. Gear dan Skill adalah hal yang sangat penting dalam fotografi. Perdebatan antara Gear dan Skill sudah seharusnya ditinggalkan karena hanya mendapatkan pertengkaran dan perpecahan antar fotografer saja. Nyatanya dalam pengambilan foto di lapangan, semua faktor tersebut mempengaruhi hasil yang didapatkan. Kamera yang bagus tetapi tanpa diikuti kemampuan fotografi hasil foto yang didapatkan tidak akan bagus dan dapat dinikmati orang lain. Sebaliknya, skill yang sangat bagus namun gear yang tidak mendukung juga tidak dapat menghasilkan foto yang maksimal. Dengan gear yang mumpuni, kebutuhan foto akan terpenuhi seperti lensa dengan bukaan kecil yang dapat menangkap foto bokeh yang maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image