Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Alasan Utama Mengapa Wirausahawan Gagal dalam Berbisnis

Bisnis | Monday, 18 Dec 2023, 19:11 WIB

Kewirausahaan adalah hal yang rumit dan kecuali wirausahawan selalu berada di puncak permainan, kemungkinan kegagalannya sangat tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak lebih dari 10% dari semua usaha baru telah melewati tahun kedua keberadaannya dan bahwa wirausahawan seringkali berakhir di sisi kesuksesan yang salah.

Contoh dari wirausahawan yang gagal yaitu seperti Steve Jobs pendiri perusahaan Apple ini pernah mengalami kegagalan semasa hidupnya. Beliau pernah memiliki produk Apple l dan Apple Lisa yang membuat Steve Jobs dan perusahaannya rugi hingga jutaan dollar AS. Ia bahkan dipecat dari perusahaannya sendiri sampai akhirnya direkrut ulang pada 1997.

Artikel ini mengkaji dan membahas alasan utama mengapa wirausahawan gagal dalam berbisnis dan ini berkaitan dengan pendanaan, staf, alasan operasional, industri, dan mencapai puncak yang terlalu dini atau terlambat. Semua alasan ini memiliki tema umum yaitu tidak berhasilnya mengelola usaha dan bersikap lemah atau malas dalam hal pengelolaan usaha.

1. Masalah Pendanaan

Alasan pertama berkaitan dengan aspek pendanaan. Seperti yang kita semua tahu, usaha baru dan startup membutuhkan pendanaan di semua tahap siklus hidup mereka dan oleh karena itu, wirausahawan harus memastikan bahwa pemodal ventura dan lembaga keuangan mendukungnya sejak awal dan terus memberikan bantuan mereka sepanjang proses tersebut.

Seringkali, pengusaha gagal melakukan penipuan karena ide yang awalnya terlihat bagus gagal menghasilkan pendapatan atau bisnis menyebabkan pemodal ventura menjadi tidak percaya diri dan mundur dari usaha tersebut. Selain itu, beberapa startup dan pendirinya juga tidak mengantisipasi arus kas berkelanjutan yang diperlukan untuk menjaga usahanya tetap bertahan dan saya akan membahas hal ini secara rinci secara terpisah.

2. Masalah Kepegawaian

Alasan kedua mengapa wirausahawan gagal adalah terkait dengan penempatan staf di mana wirausahawan sering kali tidak mengelola usahanya dengan sumber daya yang tepat dan sering kali gagal mendapatkan sumber daya yang diperlukan ketika usahanya mulai berjalan. Misalnya, saat ini, usaha membutuhkan sumber daya yang cukup ketika proyek mulai berjalan atau ketika bisnis mulai berkembang.

Di sisi lain, memiliki terlalu banyak sumber daya juga merupakan hambatan bagi usaha karena sumber daya memerlukan biaya dan waktu untuk pemeliharaannya. Selain itu, tidak memiliki sumber daya yang tepat karena biayanya terlalu mahal atau karena tidak ingin mengambil resiko bekerja di startup. Memang benar, masa-masa puncak booming.com sudah berlalu, ketika semua orang ingin bekerja di startup. Saat ini, banyak karyawan yang tidak mau mempertaruhkan masa depannya dengan bergabung di startup yang masa depannya belum pasti.

3. Kesalahan Manajemen Operasional

Alasan ketiga mengapa usaha baru gagal adalah aspek operasional di mana pengusaha gagal mengelola inti menjalankan bisnis secara efektif, efisien, dan mujarab. Misalnya saja, banyak wirausahawan sering kali tidak melibatkan diri dalam realitas nyata dalam menjalankan bisnisnya dan menyerahkan hal ini kepada orang lain sehingga mereka berkonsentrasi pada gambaran yang lebih besar.

Meskipun saya tidak menganjurkan agar semua wirausahawan harus mengelola bisnis mereka secara mikro, keterlibatan dalam menjalankan bisnis sehari-hari sangatlah penting dan tentu saja sangat penting. Artinya, wirausahawan harus memegang kendali atas usahanya terutama pada tahun-tahun pembentukan atau paling tidak pada tahun pertama untuk memastikan bahwa tidak ada celah antara cangkir dan bibir dalam hal penerjemahan ide ke dalam menjalankan usaha.

Seringkali, banyak pengusaha menganggap bahwa terlibat dan terlibat dalam hal-hal seperti jadwal kerja, sumber daya manusia, dan keuangan sehari-hari adalah hal yang remeh dan akhirnya harus menanggung akibatnya atas kelalaian tersebut.

4. Tidak Memahami Industri

Seringkali hal ini disebabkan oleh fakta bahwa mereka tidak memahami cara kerja industri tertentu. Itulah sebabnya Anda melihat begitu banyak restoran gagal dan mengapa begitu banyak toko pakaian gulung tikar. Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda perlu menemukan cara untuk membuat bisnis Anda menonjol. Anda perlu menemukan ceruk pasar dan memastikan Anda memahaminya.

Selain itu, Anda harus mengetahui cara mengidentifikasi dan mengatasi keunggulan kompetitif perusahaan Anda. Terakhir, Anda harus memahami di mana Anda bisa menjual produk Anda dan memasarkannya untuk mencapai puncak.

5. Memuncak terlalu Awal atau Terlambat

Alasan kelima mengapa banyak wirausahawan gagal adalah karena usaha mereka sering kali mencapai puncaknya lebih awal atau terlambat sehingga menyebabkan kegagalan ketika kombinasi ide, inkubasi, dan eksekusi yang tepat diaktualisasikan dan mengarah pada kesuksesan.

Misalnya, beberapa wirausahawan mempunyai ide-ide hebat dan inovatif, namun mencapai puncaknya terlalu dini, yang berarti mereka salah membaca sinyal pasar. Hal ini sering kali menyebabkan kelelahan dan kelelahan terutama ketika momentum yang diinginkan harus dihasilkan.

Disisi lain, beberapa pengusaha terlambat mencapai puncaknya, artinya mereka salah menilai waktu kapan produk atau solusi mereka harus dibawa ke pasar. Dalam kedua kasus tersebut, yang terpenting adalah memastikan bahwa waktu mulai dari pembuatan ide hingga peluncurannya ke pasar sudah tepat.

Meskipun saya telah mencantumkan alasan utama mengapa wirausahawan gagal dalam berbisnis, ada juga alasan lain termasuk perbedaan antara promotor serta perselisihan dan masalah kepribadian lainnya.

Janardana, Diptyarsa. 2023. Faktor penyebab kegagalan usaha. Diakses pada 10 Okto 2023 dari https://www.bizhare.id/media/bisnis/faktor-penyebab-kegagalan-usaha-calon-pengusaha-wajib-tahu#:~:text=Selain%20beberapa%20daftar%20faktor%20kegagalan,dan%20terbatas%20dalam%20masalah%20pendanaan.Rifdah, Nur Fadhilah. 2018. Apa saja kesalahan manajemen operasional yang sering terjadi. Diakses pada Maret 2018 dari https://www.dictio.id/t/apa-saja-kesalahan-dalam-manajemen-operasional-yang-sering-terjadi/16791 Dewaweb Team. 2021. Apa Penyebab Bisnis Gagal? Ini Solusi Terbaiknya. Diakses pada 06 Desember 2021 dari https://www.dewaweb.com/blog/bisnis-gagal-penyebab-dan-solusinya/


SHARA AL NAJWA MANAJEMEN

Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image