Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mutiara Putri

Evaluasi Debat Capres 2024 Putaran Pertama

Politik | Saturday, 16 Dec 2023, 09:02 WIB

EVALUASI DEBAT CAPRES 2024 PUTARAN PERTAMA

Bandung, Mutiara Putri N - Debat pertama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 telah digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa, 12 Desember 2023, di Hotel Sultan, Jakarta. Debat ini mempertemukan tiga pasangan capres-cawapres, yaitu: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan nomer urut satu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan nomer urut dua dan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai pasangan nomer urut tiga.

Foto: Suasana usai debat perdana calon presiden peserta Pilpres 2024 di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Hasil dari pelaksanaan debat capres kali ini mendapat beberapa point yang maenarik. Banyak asumsi yang keluar dari pandangan para peneliti, penonton, pendengar terhadap proses debat tersebut. Dimana terdapat beberapa pendapat setelah berakhirnya debat capres 2024 seperti biasa ada beberapa yang menyudutkan salah atau dua pihakcalon.

Anies Baswedan sebagai kandidat nomer urut satu dalam penyampaian visi dan misinya terbilang cukup mahir dan terlatih dalam hal public speaking, namun terdapat hal-hal yang kurang relevan untuk di sampaikan ketika menyinggung soal anak muda milenial yang menjadi cawapres tetapi terdapat ribuan yang mengkritik pemerintah hadapi kekerasan, dalam hal ini memang betul beliau dalam visi misi nya untuk membawa perubahan yang sangat drastis, tetapi untuk merealisaikan semua itu harus dibutuhkan tenaga dan mental yang kuat.

Prabowo Subianto sebagai kandidat nomer urut 2 dalam hal ini terlalu berapi-api dalam penyampaian visi dan misinya sehingga semangat yang dikeluarkan terlalu berlebihan dikarenakan beliau memang tidak suka banyak berbicara tapi memberikan bukti nyata, namun tidak menutup kemungkinan bahwa beliau juga bisa memberikan penyampaian visi misi setenang capres nomer urut 1, dalam hal ini capres nomer urut 2 akan melanjutkan program-program yang pada saat ini dibawah kepemimpinan presiden Jokowi dodo dan akan menambahkan serta menyempurnakan yang dirasa masih kurang.

Kemudian pandangan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres nomer urut 3 mengenai hasil penyampaian visi misi dan debat capres 2024 ini, beliau terlihat begitu menjaga kata perkata nya dan begitu berhati-hati dikarenakan terdapat kemungkinan tidak mau terjadinya blunder, dalam hal ini beliau berlajar lebih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image