Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image siti rahma azzahra

Asal-Usul Rohingya Datang ke Indonesia, Bagaimana Tanggapan Masyarakat dan Pemerintah Indonesia

Info Terkini | Friday, 15 Dec 2023, 16:13 WIB

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.detik.com%2Fsumut%2Fberita%2Fd-7074619%2F4-kelakuan-buruk-pengungsi-rohingya-aceh-buang-bantuan-kabur-dari-kamp&psig=AOvVaw0UXJMJaa4ZzT4Lc1AAV3pY&ust=1702713089661000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBEQjRxqFwoTCNDB0-n6kIMDFQAAAAAdAAAAABAD

ASAL-USUL ETNIS ROHINGYA

Rohingya adalah kelompok etnis minoritas Muslim yang telah tinggal selama berabad-abad di Myanmar ( negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha). etnis Rohingya telah ada sejak 1824. Saat itu, Myanmar masih bernama Burma.Etnis Rohingya mendarat ke Burma karena campur tangan Inggris yang saat itu berhasil menguasai Burma. Pada saat itu kemudian Burma berganti nama menjadi Myanmar dan menerbitkan Undang-Undang tentang kewarganegaraan Myanmar,dalam aturan itu disebutkan jika etnis Rohingya tidak diakui sebagai salah satu etnis yang ada di Myanmar. Pemerintah Myanmar juga mengeluarkan argumentasi bahwa etnis Rohingya sebagai imigran gelap. Konflik tersebut bermula pada Mei 2012 yang beredarnya foto hasil forensik mengenai pembunuhan terhadap perempuan etnis Rakhine yang dilakukan oleh tiga pemuda etnis.Masyarakat Rakhine pun membunuh etnis Rohingya. Kemudian adanya pencabutan identitas penduduk oleh pemerintah Myanmar, setelah itupun menjadi alasan etnis rohingya nekat pempertaruhkan nyawanya dilautan.

Pada saat itu perjalanan dua bulan,tujuan utama mereka adalah ke Malaysia. Jumlah etnis Rohingya pada saat itu ditaksir antara 1,3 hingga 1,5 juta jiwa.

PERTAMA KALI DATANG KE INDONESIA

Etnis Rohingya pertama kali datang pada tahun 2009 di Sabang,kemudia di ldi Rayeuk tahun 2010 sampai tahun 2019 tidak pernah ada penolakan di Masyarakat,pada saat itu Masyarakat Indonesia menyambutnya dengan baik sampai memberikan tempat tinggal dengan rasa kemanusiaan. Namun sejak pertengahan November 2023 mencapai 1.543 orang etnis Rohingya yang datang ke Indonesia. Penyebab mereka datang mengungsi ke Indonesia di aceh karena kondisi keamanan kamp Bangladesh yang penuh sesak dan semakin memburuk,hal ini yang membuat mereka untuk melakukan pengungsian ke Indonesia.

TANGGAPAN WARGA INDONESIA DAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGSI ROHINGYA

Adanya penolakan bagi warga aceh terhdap kedatangan Rohingya beberapa waktu belakangan ini bukan tanpa sebab, warga aceh menolak pengungsi Rohingya,pemicu penolakan ialah sikap dan perilaku buruk Rohingya yang pernah terdampar sebelumnya.Diantaranya, pengungsi Rohingya kabur dari kamp pengungsian,membuang bantuan Masyarakat Indonesia ke laut,tidak mematuhi norma dan adat Masyarakat setempat,inilah alasan kenapa warga aceh sangat keras menerima etnis Rohingya.Kini bukan hanya Masyarakat Aceh saja yang menolak pengungsian Rohingya tetapi hampi seluruh Masyarakat Indonesia menolak etnis Rohingya karena masih banyak warga Indonesia yang ada di garis kemiskinan,bahkan pemerintah Indonesia turun tangan.

Joko Widodo selaku presiden republic Indonesia mengungkapkan,ada dugaan kuat keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terkait kedatangan pengungsi Rohingya. Beliau menegaskan Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO dibalik kedatangan pengungsi Rohingya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image