Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chio yufada

Semangat Pemuda dalam Meneruskan Warisan Budaya

Sejarah | Thursday, 14 Dec 2023, 11:41 WIB
fashion batik dalam upaya mengenalkan kebudayaan daerah Gambar 1.1 https://images.app.goo.gl/ahuEhNzztGKgfXL38

Sebagai pemuda yang memiliki nilai kebudayaan tinggi terhadap warisan kebudayaan lokal akan sangat berperan penting untuk terus menjadikannya ikon daerah,untuk lebih gampang di kenal masyarakat bahkan sebagai tempat wisata. peran kita sebagai pemuda juga dapat berpengaruh untuk mempertahankan kebudayaan lokal setempat,adapun upaya-upaya yang dapat kita lakukan seperti:

1.      Mengenal seni dan budaya 

Generasi muda perlu mengenal kesenian dan kebuyaaan untuk dapat mengetahui secara detail tentang kebudayaan daerah dan berperan untuk terus meneruskan kebudayaan hingga turun temurun.

2.      Melahirkan kesadaran melestarikan seni dan budaya

Membangun kesadaran untuk melestarikan,menjaga,serta melindungi apa yang sudah menjadi warisan budaya,dan ikut serta merawat kebudayaan daerah sebagai bentuk upaya melestarikan kebudayaan

3.       Memiliki rasa bangga

Harus memiliki rasa bangga memiliki ragam seni dan budaya yang merupakan

aset daerah,serta mengenakan produk kebudayaan lokal seperti batik atau lainya yang dapat kita kenakan sehari-hari.

4.      Mengenalkan kebudayaan pada dunia

Membuat pameran kebudayaan yang akan memamerkan kebudayaan kita untuk diakui,serta mengenalkan kebudayaan kita sebagai bentuk pelestariaan kepada khayalak umum.

Sebagai generasi penerus budaya bangsa kita harus mampu melakukan upaya-upaya yang dapat kita contoh dari upaya yang sudah dijabarkan ,melestarikan kebudayaan bangsa sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi yang harus meneruskannya ,sebagai bentuk generasi yang siap melindungi kebudayaan daerah.

Generasi muda memiliki semangat melestarikan kebudayaan yang tak tergoyahkan. Mereka adalah pewaris nilai-nilai kebudayaan yang diperoleh dari pendahulu-pendahulu mereka, dan dengan kreativitas yang tak terbatas, generasi muda memiliki kapasitas untuk melihat tantangan dari sudut pandang yang berbeda. Inovasi, ide segar, dan solusi cerdas yang muncul dari pikiran generasi muda membantu menghadapi kompleksitas masalah modern yang mengancam lunturnya kebudayaan daerah.

kita sebagai generasi penerus berkewajiban mempelajari, memahami dan melestarikannya supaya tidak hilang. Karena investasi budaya itu merupakan suatu aset kebudayaan setiap daerah untuk suatu negara agar berkembang lebih maju di antara hiruk-pikuk perkembangan kebudayaan luar yang saat ini mengancam kebudayaan lokal. Jadi, negara yang memiliki budaya yang kuat, ke depan akan menjadi negara yang maju. Negara yang memiliki sejarah tentunya akan memiliki karakter. Kita berkepribadian dalam budaya. Kalau kita mampu melestarikan budaya, kita luar biasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image