Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hidayatulloh

Tujuh Unsur Kebudayaan dalam Cerpen Partai Pengasih Karya Okky Mandasari

Sastra | Wednesday, 13 Dec 2023, 01:45 WIB

Membaca karya sastra sama dengan membaca peradaban manusia. Karya sastra merupakan cerminan kehidupan yang tak luput dari nia-nilai kebudayaan. yang tak luput dari nilai-nilaikebudayaan. Unsur-unsur budaya dalam cerita pendek berjudul “Partai Pengasih” akan dikaji dengan pendekatan antropologi sastra. Koentjaraningrat (dalam Sumarto, 2019) menjelaskan bahwa kebudayaan bersifat universal dan dapat ditemukan didalam kebudayaan semua bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Ketujuh unsur kebudayaan tersebut adalah Sistem Bahasa, Sistem Pengetahuan, Sistem Sosial, Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi, Sistem Mata Pencaharian Hidup, Sistem Religi dan Kesenian. Berikut Penjelasannya.

§ Sistem Bahasa

Pada cerpen Partai Pengasih, penulis menggunakan bahasa Jawa. Nama tokoh utama, Kyai Noto, Simbah sebagai tokoh pendamping. Penyebutan kata seperti, sampeyan, wong pada dialog cerita pendek tersebut juga kental akan budaya Jawa.

§ Sistem Pengetahuan

Seseorang yang minta pengasih kepada Kyai Noto maka, Lawan bicara akan menjadi baik dan penuh kasih sayang. Segala perkataan kita akan diperhatikan, dituruti semua yang kita minta.

§ Sistem Sosial

Sistem sosial yang terdapat pada masyarakat Dahulu banyak orang Sakti mandra guna, cerita-cerita ini biasanya di ceritakan secara turun-temurun dari mulut-kemulut oleh nenek atau kakek kita yang pernah hidup pada masa itu.

§ Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Orang pintar atau thabib, biasa menggunakan media perantara dalam mengobati pasiennya, ataupun peralatan ritual yang digunakan, seperti sajen, kembang ,keris dan sebagainya sebagai media.

§ Sistem Mata Pencaharian

Mata pencaharian dalam cerpen ini bertindak sebagai Dukun atau orang pintar yang biasa menggantikan peran dokter dalam mengobati masyarakat yang sakit kala itu dimana belum memadai teknologi untuk kesehatan. Dan menggunakan kesaktian yang dimiliki orang pintar tersebutlah penyakit bisa disembuhkan.

§ Sistem Religi

Dahulu orang sangat memengang mempercayai ilmu kebatinan, seperti mata batin ilmu pengasihan, sebagai alat untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

§ Sistem Kesenian

Kesenian yang ada disinini adanya jimat, mantra-mantra yang dibacakan oleh kyai Noto merupakan unsur kesenian yang dimiliki tiap-tiap daerah memiliki perbedaan didalamnya.

nah itulah ke tujuh unsur budaya yang ada pada cerpen Partai Pengasih pada ontologi cerpen yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari yang dikaji menggunakan teori koentjaraningrat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image