Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Selviani

Unsur Budaya dalam Cerpen 'Ketika Mas Gagah Pergi' Karya Helvy Tiana

Sastra | Monday, 11 Dec 2023, 12:26 WIB
Unsur Budaya dalam Cerpen "Ketika Mas Gagah Pergi" Karya Helvy Tiana

Membaca karya sastra sama dengan membaca peradaban manusia. Karya sastra merupakan cerminan kehidupan yang tak luput dari nilai-nilai kebudayaan. Unsur budaya dalam cerpen berjudul "Ketika Mas Gagah Pergi" karya Helvy Tiana akan dikaji dengan pendekatan antropologi sastra.

Koentjaraningrat (dalam Sumarto, 2019) menjelaskan bahwa kebudayaan bersifat universal dan dapat ditemukan di dalam kebudayaan semua bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Pada cerpen Ketika Mas Gagah Pergi,cerpen ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sarah yang merasakan kehilangan kakaknya,Mas Gagah,yang meninggal karena bom di Bali.Sarah berusaha mengikhlaskan kepergian Mas Gagah dan menjalani hidup dengan penuh semangat.

Apa saja unsur antropologi yang ada di novel tersebut,mari kita bedah satu persatu.

Dalam cerpen Ketika Mas Gagah Pergi terdapat unsur religi di antaranya yakni percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa

Selain itu dalam cerpen "Ketika Mas Gagah Pergi" juga terdapat ritual religi yakni menjalankan ibadah-ibadah seperti sholat,puasa,zakat,dan lain-lain.Sarah juga sering berdoa kepada Allah untuk meminta perlindungan,kesabaran,dan kebahagiaan.Sarah juga menghormati agama-agama lain,seperti Hindu,yang dianut oleh sebagian besar penduduk Bali.

Pada cerpen Ketika Mas Gagah Pergi terlihat bagaimana sistem sosial masyarakat.Unsur sosial dalam cerpen merujuk pada elemen-elemen atau aspek-aspek yang terkait dengan masyarakat atau kehidupan sosial yang tercermin dalam cerpen tersebut.

Unsur sosial yang terdapat dalam cerpen Ketika Mas Gagah Pergi di antaranya yakni interaksi sosial yang terjalin antara hubungan keluarga, persahabatan,dan cinta.Hubungan keluarga yang paling menonjol adalah hubungan antara Sarah dan Mas Gagah.Mereka adalah kakak beradik yang sangat dekat dan saling menyayangi.

Hubungan persahabatan yang terlihat adalah hubungan antara Sarah dan teman-temannya,seperti Rani,Dina,dan Rizal.Mereka adalah teman sekelas yang selalu mendukung dan menghibur Sarah.Hubungan cinta yang terdapat dalam cerpen ini adalah hubungan antara Sarah dan Rizal.Mereka adalah teman yang saling menyukai dan akhirnya menjadi pasangan.

Berikutnya adalah unsur peralatan hidup dan teknologi.Unsur peralatan hidup dan teknologi yang terdapat dalam cerpen Ketika Mas Gagah Pergi seperti beberapa alat atau teknologi yang digunakan oleh tokoh-tokoh dalam cerpen ini, seperti telepon, televisi, komputer, internet, dan lain-lain.

Alat-alat ini digunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, menghibur diri, dan lain-lain. Misalnya, Sarah sering menelepon Mas Gagah untuk berbicara tentang hal-hal penting atau sekadar mengobrol. Sarah juga sering menonton televisi untuk mengetahui berita-berita terkini, termasuk berita tentang bom di Bali.Sarah juga menggunakan komputer dan internet untuk belajar, bermain game, atau mengirim email.

Dapat disimpulkan bahwa cerpen Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana mengandung berbagai unsur budaya yang mencerminkan kehidupan masayarakat Indonesia yang majemuk,toleran,dan dinamis.Cerpen ini juga memberikan pesan moral atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dijadikan sebagai inspirasi atau motivasi bagi pembaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image