Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alifah Salsabilla

Yuk Pahami Manajemen Operasional!

Bisnis | Sunday, 10 Dec 2023, 20:35 WIB
design by Alifah Salsabilla

“Management is doing things right; leadership is doing the right things.”

Saat ini manajemen operasional memainkan peran penting dalam mendorong keberhasilan suatu perusahaan. Perannya mencangkup proses dalam menghasilkan produk/layanan, cara meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperoleh keuntungan yang lebih besar dalam perusahaan. Namun sayangnya masih banyak pengusaha yang tutup mata akan pentingnya manajemen operasi dalam keberlangsungan perusahaannya, apalagi untuk perusahaan-perusahaan startup kecil. Buruknya manajemen operasi bisa menyebabkan kebangkrutan loh!

Oleh karena itu berikut ini akan aku jelaskan apa saja peran, prinsip, dan praktik dari manajemen operasional dalam keberlangsungan suatu perusahaan, terkhusus untuk para startup kecil yang masih awam dengan manajemen operasional.

APA ITU MANAJEMEN OPERASI DAN PERANNYA DALAM PERUSAHAAN?

Menurut seorang penulis buku tentang manajemen operasi, Eddy Herjanto menyatakan bahwa manajemen operasional adalah suatu proses yang berkesinambungan dan efektif dalam menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan. Singkatnya manajemen operasional mengacu pada pengawasan dan pengendalian berbagai kegiatan dalam mencapai keefisienan operasional perusahaan. Selain itu manajemen operasional juga bertujuan untuk meminimalkan waktu dalam proses produksi dengan memanfaatkan waktu yang digunakan ke dalam aktivitas lain.

PRINSIP MANAJEMEN OPERASIONAL DAN FUNGSINYA

Untuk mencapai keefisienan operasional, diperlukan prinsip manajemen operasi, yang mana nantinya akan mempengaruhi kinerja bisnis anda. Ada 10 prinsip manajemen operasi yang diuraikan oleh seorang profesional manufaktur dan manajemen operasional, Randall Schaeffer. Sepuluh prinsip tersebut adalah:

1. Kesuksesan

2. Realitas

3. Perubahan

4. Fundamental

5. Organisasi

6. Akuntabilitas

7. Perbedaan

8. Hubungan sebab dan akibat

9. Semangat dalam bekerja

10. Kerendahan hati.

Tiap prinsip yang diuraikan oleh Randall Schaeffer berfungsi untuk meningkatkan produktivitas, profitabilitas, dan kinerja segala elemen. Mulai dari produksi hingga tenaga kerjanya. Karena itu penting untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut demi membangun sebuah bisnis menjadi lebih besar.

PRAKTIK TERBAIK UNTUK MEMANTAU KINERJA MANAJEMEN OPERASIONAL

Setelah kita mengetahui dan memahami apa yang dilakukan dan apa saja prinsip dari manajemen operasional, kita juga perlu mengetahui apa praktik terbaik untuk memantau kinerja dan kesuksesan manajemen operasional. Praktik yang akan disebutkan merupakan langkah untuk mencapai keefisienan operasional. Perlu diingat bahwa hal tersebut harus dilakukan seorang manajer operasional untuk memastikan keberhasilan operasi mereka.

Pertama adalah pengukuran laba bersih, laba kotor, pendapatan, biaya administrasi, dan margin keuntungan bersih. Praktik kedua adalah pengukuran kinerja karyawan, biasanya dengan memperhitungkan kualitas pekerja, kuantitas pekerja, dan produktivitas mereka. Selanjutnya pemasaran, dalam pemasaran dilakukan perhitungan laba belanja iklan dan mengukur persentase pengunjung situs web perusahaan. Terakhir pengukuran kualitas, yaitu mengukur tingkat kecacatan produk, keluhan pelanggan, garansi, dan efektivitas peralatan dalam produksi.

Itulah pembahasan tentang manajemen operasional. Sekarang sudah paham mengapa manajemen operasional itu sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan bukan?

Tanpa adanya manajemen operasional, proses dalam suatu perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Hal tersebut akan menjadi kendala besar. Bahkan berkemungkinan menyebabkan kebangkrutan untuk perusahaan startup kecil. Oleh karena itu, agar dapat mengembangkan perusahaan, anda bisa menerapkan prinsip dan praktik dari manajemen operasi yang sudah dibahas di atas.

ALIFAH SALSABILLA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image