Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karima Nabila Setiaji

Habbatussauda Sebagai Obat dari Seluruh Penyakit

Edukasi | Thursday, 07 Dec 2023, 18:08 WIB

Habbatussauda (Nigella sativa) merupakan jenis tanaman yang tumbuh di wilayah subtropis. Di Timur Tengah dan India, habbatussauda atau jintan hitam digunakan pengawet dan bumbu masakan alami. Habbatussauda dijadikan sebagai bumbu masakan karena memiliki aroma dan rasa yang khas seperti kombinasi lada hitam, oregano, dan bawang merah.

Habbatussauda juga dapat menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit. Manfaat habbatussauda sebagai obat telah diteliti oleh Ibnu Sina, ilmuwan Muslim yang mengembangkan ilmu kedokteran, pada jurnal medisnya, yaitu “Canon of Medicine”. Penggunaan habbatussauda sebagai obat herbal karena mengandung banyak nutrisi seperti, vitamin, antioksidan, flavonoid, thymoquinone, carvacrol, serat, kalsium, protein, fosfor, zat besi, dan lain - lain. Hal ini juga didukung oleh penelitian ilmiah modern. Berikut ini beberapa contoh manfaat habbatussauda sebagai obat herbal.

1. Meningkatkan imunitas

Imunitas yang kuat mencegah terjangkit penyakit

Berdasarkan Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, habbatussauda dapat meningkatkan imunitas karena mengandung anti-inflamasi, antioksidan, dan pengaktif imunitas. Habbatussauda juga memiliki beberapa kandungan vitamin yang dapat meningkatkan imunitas seperti vitamin, A, C, E, dan B.

Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk meningkatkan imunitas sehingga dapat mencegah penyakit. Selain itu, antioksidan dalam habbatussauda juga mampu mencegah obesitas, kanker, kelainan jantung, dan diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah

Peningkatan tekanan darah (hipertensi)

Berdasarkan Journal of Hypertension, ekstrak habbatussauda selama dua bulan secara rutin setiap hari mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi ringan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mengkonsumsi habbatussauda dapat menurunkan tekanan diastolik dan sistolik sebesar 2-3 mmHg.

3. Mencegah diabetes

Alat pengukur gula darah atau glukometer

Berdasarkan Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, habbatussauda memiliki senyawa aktif yang terkandung pada minyaknya yaitu thymoquinone. Senyawa dapat menjadi terapi penyuntikkan yang efektif untum mengendalikan dan mencegah diabetes. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses penghambatan metabolisme glukosa. Oleh karena itu, para peneliti percaya bahwa ekstrak habbatussauda memungkinkan untuk digunakan sebagai obat tambahan untuk pasien diabetes.

4. Menghambat pertumbuhan kanker

Sel kanker diantara sel normal

Habbatussauda memiliki senyawa antioksidan etanol yang dapat mengurangi dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Antioksidan ini dapat mengatasi stres oksidatif tubuh akibat radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti tumor dan kanker.

5. Menjadi penawar racun

Rokok sumber racun bagi tubuh

Habbatussauda mengandung saponin yang dapat menangkal racun pada tubuh. Dalam International Journal of Health Sciences, habbatussauda dikatakan dapat menjaga kesehatan hati sebagai organ yang membunuh racun dalam tubuh.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Makanan tinggi kolesterol

Berdasarkan jurnal Pharmacological Research ditemukan bahwa mengkonsumsi jinten hitam atau habbatussauda dengan rutin mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian ini menyebutkan bahwa manfaat dari habbatussauda akan lebih efektif ketika yang dikonsumsi adalah minyaknya.

7. Melawan bakteri

Berdasarkan Journal of Ayub Medical College Abbottabad pada tahun 2008, ditemukan bahwa habbatussauda dapat menekan pertumbuhan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) yang merupakan bakteri kebal terhadap antibiotik.

Meskipun dapat digunakan sebagai bumbu masakan dan obat herbal untuk berbagai penyakit, habbatussauda juga memiliki efek samping seperti alergi pada individu tertentu (anak-anak, ibu hamil, pasien yang sedang menjalani pengobatan tertentu, dan sebagainya). Efek samping habbatussauda dapat timbul ketika dikonsumsi dengan dosis besar dan jangka panjang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi habbatussauda untuk memastikan keamanan terhadap kondisi tubuh.

Referensi

 

  • https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/produk-perawatan-gigi/apa-itu-habbatussauda.html
  • https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-habbatussauda-untuk-kesehatan/
  • https://www.alodokter.com/Potensi-Jintan-Hitam-atau-Habbatussauda-Mengatasi-Berbagai-Penyakit

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image