Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Meta Bakal Mengenkripsi Pesan di Facebook dan Instagram

Teknologi | Thursday, 07 Dec 2023, 09:13 WIB
Karyawan Facebook mengambil foto di depan tanda Meta Platforms Inc baru di luar kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Amerika Serikat, Kamis, 28 Oktober 2021 lampau. Foto: Tony Avelar/AP via republika.co.id

META Platforms Inc bakal mulai mengenkripsi pesan sepenuhnya di Facebook dan Instagram secara default. Demikian laporan Wall Street Journal, Rabu [6/12/2023], dengan mengutip sejumlah sumber yang mengetahui masalah ini.

Raksasa media sosial tersebut, minggu ini, akan mulai secara otomatis mengalihkan pengguna Facebook ke enkripsi end-to-end untuk pesan-pesan mereka, dan segera meluncurkan perubahan tersebut dalam beberapa pekan ke depan. Demikian Wall Street Journal melaporkan.

Tak cuma Facebook, pesan langsung di Instagram juga akan menyusul beralih ke enkripsi secara default. Menurut laporan Wall Street Journal, kemungkinan hal tersebut akan dilaksanakan mulai Tahun Baru.

Pihak Meta tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar atas laporan tersebut.

Namun, jika ini memang benar, dengan perubahan tersebut berarti bahwa pengguna Facebook dan Instagram tidak perlu mengaktifkan fitur enkripsi, yang memungkinkan sebuah pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerimanya.

Meta sebelumnya telah memberlakukan enskripsi pada platform perpesanan WhatsApp.

Dengan adanya enkripsi dapat membantu menjaga keamanan pengguna dari para peretas, penipu, dan penjahat.

Meski demikian, enkripsi end-to-end sempat menjadi perdebatan antara Meta dan sejumlah pemerintah.

Pemerintah Inggris, misalnya, telah mendesak Meta pada bulan September lalu untuk tidak meluncurkan enkripsi di Instagram dan Facebook Messenger tanpa langkah-langkah keamanan untuk melindungi anak-anak dari aksi pelecehan seksual.***

Sumber: Reuters

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image