Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lintar falstiawan

Potensi Teknologi Iot pada Pemanfaatan Energi Terbarukan

Eduaksi | Tuesday, 05 Dec 2023, 19:43 WIB

Di era industry 4.0 dimana telah banyak dilakukan perubahan pada proses produksi di industry. Revolusi Industri 4.0 telah mengubah paradigma dasar dalam dunia manufaktur dan industri secara keseluruhan.Namun di era ini telah dimanfaatkan teknologi iot, Internet of Things (IoT) muncul sebagai salah satu pendorong utama yang menggiring evolusi ini ke arah yang lebih maju dan terhubung. IoT tidak hanya menjadi bagianl dari Revolusi Industri 4.0, tetapi juga memainkan peran kunci dalam mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi, data, dan lingkungan sekitar.

Pada dasarnya Iot merupakan era baru dalam dunia internet yang dapat digambarkan dengan menghubungkan peralatan elektronik dengan jaringan komputer untuk berintraksi dengan embedded sistem. IoT didasarkan pada perangkat yang menyediakan aktivitas kontrol, penginderaan, aktuasi, dan pemantauan. Perangkat IoT dapat melakukan komunikasi data dengan perangkat dan aplikasi lain yang terhubung, atau mengumpulkan data dari perangkat lain dan memproses data baik secara lokal, mengirim data ke server terpusat pada aplikasi berbasis cloud untuk memproses data, atau melakukan beberapa tugas lokal.

Dalam era ketidakpastian perubahan iklim, keberlanjutan energi menjadi prioritas utama bagi masyarakat global. Di tengah tantangan ini, Internet of Things (IoT) muncul sebagai katalisator penting untuk memanfaatkan sumber daya energi terbarukan dengan cara yang inovatif dan efisien. IoT membuka peluang besar untuk mengubah lanskap energi dengan memberikan solusi terkoneksi yang dapat meningkatkan produksi, distribusi, dan konsumsi energi terbarukan. IoT memungkinkan pemantauan yang akurat terhadap konsumsi energi pada tingkat yang lebih granular, baik di tingkat rumah tangga maupun di fasilitas industri. Melalui perangkat pintar dan kontrol otomatis, pengguna dapat mengelola penggunaan energi mereka dengan lebih cerdas.

Di Indonesia sendiri telah banyak yang menerapkan iot pada pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan.Misalnya saja pada Pembangkit listrik tenaga bayu(angin) dimana disini Iot digunakan untuk memonitoring energi yang dihasilkan dari sebuah turbin angin. dapat beroperasi secara otomatis dan dapat diakses kapan saja, di mana saja secara real time, menggunakan Internet sebagai sarana komunikasi. Sehingga, meskipun lokasi sistem pembangkit listrik tenaga angin berada cukup jauh, para pekerja yang ditugaskan untuk memonitoring turbin dapat melakukannya pemantauan energi yang dihasilkan turbin tanpa harus datang ke lokasi(Wicaksono. Et,al.2023).

Lalu Iot telah diterapkan pada Pembangkit listrik tenaga surya dengan menggunakan mikrokontroler esp 8266, perangkat kerasnya menggunakan arduino untuk menerima hasil pembacaan sensor dan esp8266 untuk menghubungkan arduino dengan internet melalui koneksi wifi.Iot disini digunakan sebagai pemantauan monitoring terhadap tegangan keluaran dari baterai dan panel surya.Lalu iot juga dapat membantu proses maintenance dimana dilakukan untuk melihat apakah daya listrikyang dihasilkan sesuai dengan profil peralatan yang diharapkan, dapat melakukan penelitian tentang sistem monitoring PLTS on-grid pada rooftop tanpa datang langsung ke lokasi.Hal ini sangat memudahkan proses maintenanceyang dapat membantu kerja operator dalam memantau performa PLTS(Ariyani, S, Et.al.2021).

Selanjutnya iot diterapkan pada pembangkit listrik tenaga air, Tak jauh berbeda dengan kedua pembangkit diatas, Iot juga digunakan untuk memonitoring Pembangkit listrik dari jauh sehingga memudahkan para penggunanya.Namun selain dapat memonitor iot juga dapat membuat pembangkit listrik memiliki otomatisasi dan kontrol yang lebih cerdas, dapat membantu dalam manajemen energi yang lebih efisien, dapat diintegrasikan dengan jaringan listrik pintar yang memanfaatkan IoT untuk mencapai efisiensi distribusi energi yang lebih baik dan meminimalkan kegagalan jaringan.

Penerapan IoT pada pembangkit yang sudah dibahas diatas adalah contoh nyata bagaimana teknologi ini dapat memberikan solusi inovatif dan efisien dalam pemantauan, kontrol, dan pemeliharaan sumber daya energi terbarukan.Dengan demikian, IoTt memiliki potensi besar untuk menjadi katalisator dalam pengembangan energi terbarukan, membawa perubahan positif dalam menjawab tantangan keberlanjutan energi dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan masa depan energi yang lebih bersih dan efisien.

DAFTAR PUSTAKA

Ariyani, S, Et.al (2021).Studi Perencanaan dan Monitoring System Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Remote Area.

Wicaksono Et.al (2023). Implementasi Sistem Kontrol Dan Pemantauan Daya Listrik

Berbasis Iot Di desa Tambolusu, KabupatenKonawe, Sulawesi utara

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image