Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Inayatur Rodliyah

Panic Attack Disorder dan Anxiety Disorder

Lainnnya | Monday, 04 Dec 2023, 14:01 WIB
PanicAttack (sumber: www.istockphoto.com)

Panic attack disorder dan anxiety disorder merupakan gangguan mental yang banyak dialami, terutama dikalangan anak muda zaman sekarang. Kebanyakan dari kita menganggap sepele terhadap kesehatan mental dirinya sendiri. Terkadang kita abai akan kesehatan mental diri sendiri demi membahagian orang lain. Kedua gangguan mental ini sering dianggap sama, padahal nyatanya kedua gangguan mental ini berbada. Berikut penjelasan terkait perbedaan kedua gangguan mental ini yaitu panic attack disorder dan anxiety disorder.

Perbedaan Pengertian

Panic Attack atau serangan panik adalah rasa panik, takut, dan gelisah yang berlebihan dengan periode yang terus menerus. Panic attack sendiri bisa terjadi tanpa adanya penyebab yang pasti dan serangan panik ini akan datang secara tiba-tiba. Walaupun panic attack terjadi hanya dalam beberapa menit saja, namun dampak yang dialami bisa terjadi selama beberapa jam. Sehingga penderita akan ketakutan jika serangan panik ini datang ketika dirinya sedang bersama orang lain, di tempat umum atau di tempat yang ramai.

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah gangguan mental yang penderitanya selalu merasa cemas, khawatir maupun takut. Sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari. Gangguan kecemasan membuat penderitanya mudah merasa khawatir meskipun dalam situasi yang berjalan dengan normal.

Perbedaan Pemicu

Panic Attack atau serangan panik dapat terjadi secara spontan atau tiba-tiba. Tanpa adanya penyebab yang jelas dan tidak diketahui serangan panik ini bisa muncul. Sehingga terkadang penderitanya harus selalu bersiap dalam kondisi apapun jika serangan panik tersebut datang.

Sedangakan faktor pemicu anxiety disorder penderitanya sudah mengetahui faktor pemicu terjadinya gangguan kecemassan yang dialaminya. Biasanya faktor pemicu gangguan kecemasan tergantung dari jenis gangguan kecemasan yang dialami oleh penderitanya. Maka dari itu penderita anxiety disoreder sering kali menghindar dari tempat atau kejadian yang dapat memicu gangguan kecemasannya tersebut. Sehingga mereka suddah mempersiapkan diri jika harus menghadapi situasi yang tidak dapat terhindarkan dari faktor pemicunya.

Perbedaan Gejala

Terdapat kemiripan pada beberapa gejala dari panic attack dan anxiety disorder seperti sesak nafas, keringat dingin hingga rasa nyeri dada, serta gejala tremor atau rasa gemetar pada tubuh.

Gejala panic attack yang biasanya tidak dirasakan oleh penderita anxiety disorder yaitu rasa takut yang berlebihan yang tidak dapat dikontrol oleh diri sendiri sehingga merasa dapat membahayakan dirinya, merasa kehilangan kendali dalam melakukan sesuatu yang sedang dikerjakannya.

Sedangkan gejala umum pada anxiety disoreder atau gangguan kecemasan seperti insomnia atau gangguan tidur sehingga jam tidur yang dijalani tidak teratur, kesulitan berkonsentrasi atau pikirannya kosong, mengalami masalah pencernaan dan dapat menimbulkan gangguan makan, nyeri pada otot, rasa yang sensitif berlebihan terhadap apa saja yang dianggap dapat membahayakan dirinya, dan penderita anxiety disorder juga akan merasa cemas atau gelisah terus-menerus tanpa adanya alasan yang jelas.

Itu dia beberapa perbedaan dari gangguan mental panic attack dan anxiety disorder yang seringkali dianggap sama oleh kita. So, jangan salah lagi ya sobat...

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image