Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

7 Hal yang Perlu Diperhatikan di Musim Penghujan

Gaya Hidup | Sunday, 03 Dec 2023, 21:14 WIB

Musim penghujan tiba sesungguhnya berkah yang sangat berarti bagi kita semua. Saat kemarau tiba beberapa waktu lalu malah ada yang kekurangan air dan sampai mesti melakukan Shalat Istisqo. Makanya dengan adanya musim penghujan maka kita pun harus bersyukur dengan keadaan tersebut.

Sedia payung sebelum hujan begitulah kata pepatah (Foto : Republika.co.id/Prayogi)

Namun demikian, saat menghadapi musim penghujan ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sehingga hujan yang turun akan menjadi berkah buat kita semua. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat musim penghujan tiba-tiba semuanya bisa memberikan sesuatu yang berarti kepada kita semua.

Setidaknya ada tujuh hal yang mesti diperhatikan saat musim penghujan dan semua ini mesti diperhatikan oleh semuanya.

Pertama,membaca doa turun hujan

“Allahumma shayyiban nafi’an. (Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat)." (HR Bukhari dari Aisyah RA).

Kemudian doa ketika takut hujan lebat

Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari. Yang artinya : "Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung

Kedua, berdoa apa saja insha Allah, Allah mengabulkan doa kita

Waktu hujan turun adalah waktu dikabulkannya doa maka olehs ebab itu berdoalah.

Dalam kitab Al Umm karya Imam Syafi'i. Di mana, hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. "Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan."

Ketiga, bawa selalu payung atau jas hujan kalau bepergian

Nah yang perlu diperhatikan adalah kalau kita berangkat maka sebaiknya membawa payung atau jas hujan. Sehingga kita akan terhidndarkan dari kehujanan. Selain pakaian dan tubuh bisa basah, kalau kehujanan bsia pula membuat tubuh menjafi sakit.

Membawa payung dan jas hujan memang hal sepele tetapi kalau lupa maka akan membuat masalah juga bagi kita karena sudah pasti pakaian dan tubuh kita akan basah bila kehujanan.

Keempat, berangkatlah lebih awal dan jangan memaksakan pulang jika sedang hujan besar

Bila kita bekerja atau ada keperluan yang lain maka sebaiknya berangkat lebih asal agar tidak kehujanan. Bayangkan jika di tengah jalan turun hujan maka terkadag kita harus berteduh dan bisa bisa membuat wakktu kita menjadi terhambat karenanya. Sebaiknya jika hujan besar jangan memaksakan terus pergi karena bsia berbahaya bagi keselamatan.

Pada musim penghujan memang perlu memperhitungkan jam keberangkatan. Sekali lagi jika tidak terlalu penting maka kalau turun hujans ebaiknya di rumah saj untuk bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi.

Kelima, banyak makan makanan bergizi dan minum air hangat dan juga susu

Jelas di musim penghujan ini siapapun tentu saja harus banyak makan makanan bergizi agar memiliki imunitas tubuh yang kuat. Sebab kalau begitu bisa jadi imun menurun dan dengan demikian maka tubuh dengan sendirinya akan mudah terserang penyakit. Dengan makan makanan bergizi diharapkan tubuh tetap terjaga dan jauh dari terserang bibit penyakit.

Selain makanan, minuman pun seperti susu layak untuk diminum bahkan minuman air putih hangat juga penting utnuk tubuh. Pokoknya tubuh pun jangan kekurangan air agar senantiasa kita sendiri tak kekurangan cairan.

Keenam, segera perbaiki rumah jika saat hujan terjadi kebocoran

Memang biasa di musim kemarau kita kadang merasa aman-aman saja karena taka da yang bocor. Nah awas pada musim hujan ini baru akan ketajhuan. Mungkin untuk hujan kecil takkan terasa tetapi awas saat hujan besar maka kebocoran itu akan terlihat dengan sendirina.

Syukur kalau tidak ada yang bocor. Namun jika diketahui ada yang bocor maka sebaiknya segera diperbaiki agar tidak menimbulkan b agi penghuni rumah dan kalau kemanapun kita akan nyaman karena sudah tak ada yang bocor lagi.

Ketujuh, jagalah kebersihan untuk menghindari terserangnya penyakit

Musim penghujan seringkali menimbulkan berbagai macam penyakit. Karenanya, di lingkungan rumah atau lingkungan sekitarnya harus terjaga. Upayakan jangan ada air tegenang dan juga jangan sampai sampah berserakan.

Nah kalau lingkungan tidak bersih maka dapat dipastikan menjadi tidak nyaman dan yang lebih membahayakan adalah timbulnya penyakit macam Demam berdarah. Karena selain pribadi ada baiknya bersama warga lain untuk selalu menjaga kebersihan agar dijauhkan dari penyakit dan kotornya lingkungan

Barangkali itulah hal-hal yang mesti diperhatikan saat musim penghujan tiba. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan. Maka tulisan ini penting untuk diperhatikan agar hujan yang turun memberikan sesuatu yang berarti bagi kita. Jangan sampai pada akhirnya kita menyalahkan hujan.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image