Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eulis Hopsah

Implementasi Permainan Balok Model PKPK dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini 3-5 Tahun

Edukasi | Saturday, 02 Dec 2023, 19:05 WIB

Permainan balok model PKPK dikenal sebagai suatu teknik bermain menggunakan balok membangun (building block) untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi teknik permainan balok model PKPK dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data melalui observasi dan wawancara.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa (a) guru memulai kegiatan bermain dengan perencanaan, seperti kesiapan siswa, alat main, waktu, dan tempat; (b) pelaksanaan bermain (guru dan siswa) dilakukan berdasarkan skenario dan tahapan bermain model PKPK, termasuk tugas guru membimbing siswa; (c) pada akhir permainan dilakukan evaluasi menggunakan lembar ceklis kemampuan siswa mengikuti tahapan permainan; (d) kendala yang dihadapi guru adalah tidak semua siswa bisa mengikuti permainan dengan skenario dan tahapan khusus sesuai waktu, sehingga membutuhkan bimbingan untuk membantu mereka terutama pada awal main, perlu adanya pedoman untuk menilai proses kreatif masing-masing siswa yang berbeda-beda. Penelitian berimplikasi bahwa

penggunaan teknik permainan balok Model PKPK dapat menjadi salah satu solusi bagi guru dan lembaga PAUD sebagai media dalam meningkatkan kreativitas siswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image