Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mustakim ID

5 Perbedaan Buku Fiksi dan Non-Fiksi Lengkap

Eduaksi | Tuesday, 04 Jan 2022, 06:01 WIB

Secara umum, buku itu terbagi menjadi 2 jenis yaitu buku fiksi dan buku non fiksi. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Namun masih banyak orang yang belum tahu apa perbedaan buku fiksi dan buku non fiksi. Padahal bisa kita lihat dan pahami secara jelas lho perbedaan keduanya.

Cara membedakan antara buku fiksi dan non fiksi bisa dilihat dari bentuk fisik hingga isi dari bukunya. Namun jika kamu belum tahu, yuk kita bedah bareng-bareng, apa sih yang membedakan antara buku fiksi dan buku non fiksi secara spesifik.

Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi

Setidaknya ada 10 hal yang membedakan antara buku fiksi dan juga buku non fiksi, di antaranya yaitu:

1. Dari Pengertiannya

Pengertian buku fiksi:

Buku fiksi merupakan buku karangan atau cerita yang tidak nyata, isinya imajinatif dan banyak yang tidak relate dengan kehidupan nyata. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sendiri disebutkan bahwa fiksi adalah rekaan atau karangan yang tidak berdasarkan pada fakta.

Pengertian Non Fiksi:

Buku non fiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan fakta dan kejadian yang sebenarnya serta bersifat informatif. Buku non fiksi ditulis oleh seseorang berdasarkan kajian fakta dan bersifat ilmiah.

Penulis buku non fiksi adalah orang yang memang paham dengan baik bidang yang ditulisnya. Sebuah data yang ditulis dalam buku dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

2. Dari Ciri-Cirinya

Selain itu, jika dilihat dari ciri-ciri bukunya, kamu juga pasti akan dapat melihat apa saja yang menjadi perbedaan buku fiksi dan buku non fiksi.

Ciri Buku Fiksi:

-Bersifat imajinatif atau khayalan

-Isinya tidak bisa dibuktikan secara ilmiah

-Tidak menggunakan sistem penulisan yang baku

-Bertujuan sebagai hiburan

-Diselipkan pesan moral

Ciri Buku Non Fiksi:

-Menggunakan bahasa formal

-Dilengkapi dengan data

-Bersifat faktual dan benar-benar terjadi

-Dapat dibuktikan secara ilmiah

3. Dari Judul yang Digunakan

Selain hal di atas, buku non fiksi juga dapat kita bedakan dari penulisan judul buku. Di mana buku fiksi akan menggunakan judul yang demonstratif dan lebih diada-ada. Sedangkan judul buku non fiksi lebih ilmiah, simpel dan dilengkapi data.

4. Dari Format Penulisan Buku

Buku fiksi ditulis berdasarkan alur cerita, sedangkan buku non fiksi ditulis dengan menggunakan format baku mulai dari halaman depan di lengkapi dengan latar belakang dan tujuan serta diakhiri dengan daftar pustaka. Di mana semua ini tidak akan ditemukan pada buku non fiksi.

5. Dari Metode Penulisan Buku

Buku fiksi ditulis dengan menggunakan metode ilustratif dengan melakukan pengembangan khayalan dari ide cerita yang dibuat. Sedangkan buku non fiksi dibuat dengan menggunakan metode denotatif yang lebih ilmiah serta dikaji berdasarkan fakta dan data.

Contoh Buku Fiksi dan Buku Non Fiksi

Di toko buku kamu bisa melihat berbagai jenis buku, adapun contoh buku non fiksi dan buku fiksi tersebut di antaranya:

1. Contoh Buku Fiksi

-Cerpen

-Novel

-Puisi

-Drama

-Hikayat

-Dongeng

-Komik

-Mitos

-Cerita rakyat

2. Contoh Buku Non fiksi

-Skripsi

-Biografi

-Karya tulis ilmiah

-Jurnal

-Buku pelajaran, dan

-Lain-lain

Nah itulah beberapa perbedaan buku fiksi dan buku non fiksi. Sudah paham kan perbedaan antara kedua jenis buku ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image