Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ajeng fitria Khairunnisa

Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah

Edukasi | Wednesday, 29 Nov 2023, 13:24 WIB

Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat. Kami melihat orang-orang menggunakan teknologi ini setiap hari, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.Sebagai pengguna teknologi, kita perlu lebih berwawasan luas dan tidak sepakat mengenai apakah teknologi membuat kondisi manusia menjadi lebih buruk atau lebih baik.

Teknologi dalam dunia pendidikan adalah tersedianya saluran dan peralatan yang dapat digunakan untuk menyiarkan program pendidikan.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih tentunya membawa dampak yang beragam, baik positif maupun negatif. . Nicholas Gane berpendapat bahwa teknologi internet terkait secara langsung dalam mengubah pola kehidupan sehari-hari, termasuk cara bekerja, akses dan pertukaran informasi, berbelanja, bertemu orang-orang, dan memelihara dan mengatur hubungan sosial yang ada. Keberadaan internet memudahkan berkomunikasi tanpa mengenal ruang dan waktu. Dengan adanya internet, seseorang juga dapat belajar atau menempuh pendidikan jarak jauh dengan mudah. tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa hal ini bisa membarui tatanan sosial di masyarakat, mirip bisa merubah seorang sebagai lebih individualis serta apatis terhadap keadaan kurang lebih mereka (Lestari, 2018).

Dalam dunia pendidikan, keterampilan berbicara dan komunikasi harus dipelajari.

Ketika pembelajaran dilakukan melalui internet dan media interaktif, kemampuan komunikasi siswa menjadi berkurang karena hanya berinteraksi dengan mesin.

Teknologi hanyalah sarana transmisi pengetahuan pedagogis dan oleh karena itu potensinya kecil untuk mempengaruhi pembelajaran siswa.

Akibatnya teknologi dalam pendidikan hanya berperan sebagai media atau mediator untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dari sebuah forum pendidikan.Siswa yang mampu memanfaatkan teknologi dengan baik untuk memperluas pengetahuan dan keterampilannya akan berhasil.Sebaliknya jika siswa tidak memahami bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memperluas pengetahuan dan keterampilannya, maka kinerjanya tidak akan baik dan bahkan teknologi dapat memberikan dampak negatif bagi siswa.

Apa manfaat pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah ?

1. Meningkatkan efektivitas pembelajaran

Meningkatkan tingkat keberhasilan yang dicapai dengan metode pembelajaran yang direncanakan. Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Misalnya, aplikasi pembelajaran interaktif dapat membantu siswa lebih memahami suatu mata pelajaran.Selain itu, teknologi juga dapat membantu guru memantau kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang lebih cepat dan akurat. Oleh karena itu, teknologi membantu meningkatkan efisiensi pembelajaran secara keseluruhan.

2.Meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Teknologi saat ini membuat siswa lebih aktif terlibat dalam proses belajar mengajar. Misalnya, aplikasi pembelajaran interaktif memungkinkan siswa untuk berpartisipasi langsung dalam pembelajaran dan terlibat lebih dekat dengan materi pembelajaran. Selain itu, pemanfaatan teknologi juga dapat membantu guru menjadikan pembelajaran siswa lebih menarik dan menyenangkan, sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

3.Memfasilitasi pembelajaran jarak jauh.

memungkinkan pembelajaran jarak jauh. Artinya siswa dapat belajar dari jarak jauh tanpa benar-benar menghadiri kelas. Misalnya, aplikasi konferensi video memungkinkan siswa dan guru berinteraksi langsung dalam sesi pembelajaran virtual. Selain itu, teknologi juga dapat dimanfaatkan untuk menyediakan materi pembelajaran online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, teknologi memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan memungkinkan siswa untuk terus belajar bahkan ketika mereka tidak hadir di kelas secara fisik.

Apa saja tantangan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah?

A.Keterbatasan Akses terhadap Teknologi

Keterbatasan akses terhadap teknologi dapat menjadi hambatan bagi siswa yang tidak memiliki akses terhadap perangkat atau jaringan internet yang sesuai.

B.Masalah Keamanan Data

Masalah keamanan data juga dapat menjadi masalah jika informasi siswa dan guru tidak dilindungi dengan baik.

C.Kesulitan dalam Memanfaatkan Teknologi

Kesulitan dalam memanfaatkan teknologi juga dapat menjadi kendala bagi guru yang tidak memiliki keterampilan teknologi yang memadai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image