Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ikwan Efendi

Membangun Generasi Kuat: Cara Mencegah Stunting pada Anak

Olahraga | Friday, 24 Nov 2023, 16:36 WIB
Cegah stunting pada anak, waspadai perkembangan anak

Stunting, masalah pertumbuhan anak yang terhambat, dapat memberikan dampak jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan anak. Mencegah stunting memerlukan perhatian khusus terutama dalam masa pertumbuhan awal. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah terjadinya stunting pada anak:

1. Pemberian Nutrisi yang Seimbang

Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, termasuk protein, vitamin, dan mineral esensial. Makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan produk susu sangat penting untuk pertumbuhan optimal.

2. ASI Eksklusif

Memberikan ASI eksklusif pada bayi selama enam bulan pertama kehidupannya adalah langkah penting untuk mendukung pertumbuhan yang optimal. ASI mengandung nutrisi esensial dan perlindungan kekebalan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

3. Perhatian pada Gizi Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil memiliki dampak besar pada pertumbuhan janin. Pastikan ibu hamil mendapatkan asupan gizi yang memadai, mengandung zat besi, asam folat, dan kalsium. Kunjungan rutin ke dokter juga sangat penting.

4. Makanan Pendamping ASI yang Tepat

Setelah usia enam bulan, mulailah memberikan makanan pendamping ASI yang tepat dan sesuai dengan usia anak. Pilih makanan yang kaya nutrisi dan mudah dicerna.

5. Praktik Higiene yang Baik

Menerapkan praktik higiene yang baik, termasuk mencuci tangan sebelum menyiapkan dan menyajikan makanan, dapat mencegah penyakit dan infeksi yang dapat menghambat pertumbuhan.

6. Akses Terhadap Pelayanan Kesehatan

Pastikan anak memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kunjungan rutin ke dokter dan pemantauan pertumbuhan anak sangat penting untuk mendeteksi dini potensi masalah pertumbuhan.

7. Edukasi Masyarakat

Edukasi tentang pentingnya gizi, kebersihan, dan perawatan kesehatan anak perlu diberikan kepada masyarakat. Informasi yang tepat dapat membantu orang tua membuat keputusan yang lebih baik terkait perawatan dan nutrisi anak.

8. Stimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan

Memberikan stimulasi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Aktivitas fisik, interaksi sosial, dan kegiatan kreatif dapat membantu perkembangan otak dan fisik anak.

Mencegah stunting melibatkan komitmen dari berbagai pihak, termasuk orang tua, komunitas, pemerintah, dan sektor kesehatan. Dengan perhatian dan tindakan yang tepat, kita dapat bersama-sama membangun generasi yang kuat dan sehat.(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image