Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tuti Wendina Sarah

12 Aplikasi Edit Video PC Ringan Terbaik dari yang Gratis sampai Berbayar

Teknologi | Monday, 03 Jan 2022, 12:39 WIB

Aplikasi edit video PC yang sering digunakan oleh editor dari keluarga Adobe seperti Premiere Pro atau After Effect. Kedua aplikasi tersebut merupakan produk berbayar tiap bulan hingga tahunan. Tentu saja akan berbeda fungsinya setiap software yang dibuat, biasanya After Effect digunakan untuk orang-orang yang lebih mahir karena toolsnya lebih detail. Untuk Adobe Premiere Pro sendiri tidak terlalu banyak fiturnya.

Dari banyaknya aplikasi editing yang digunakan oleh editor biasanya berbayar. Namun, ada aplikasi atau software gratis untuk layanan yang bisa digunakan di komputer Windows. Aplikasi tersebut memang dibuat sebagai produk sumber terbuka agar mengurangi peretas sebuah software.

Pasti aplikasi yang berbayar akan lebih bagus dari sisi fiturnya. Tetapi tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa aplikasi edit video di PC yang dibagikan secara gratis dengan kemampuan yang tidak kalah bagus seperti Adobe After Effect atu Premiere Pro. Berikut aplikasi edit video PC ringan untuk spek PC yang pas-pasan.

Aplikasi edit video PC

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro menjadi aplikasi editing video yang paling populer sejak dahulu. Mulai dari fitur, panel, dan tampilan mudah untuk dipahami oleh pemula. Saat ini masih banyak pengguna software Adobe Premiere Pro dengan berlangganan biaya tiap bulan.

Dengan diupdate terus untuk meningkatkan performa, itu telah menambahkan: alat Auto Reframe; dukungan HDR yang ditingkatkan; teks, grafik, dan alat audio baru; peningkatan kinerja; dan banyak fitur lainnya. Dukungan di Windows 11 yang saat ini menjadi OS terbaru juga sudah ditingkatkan.

Jadi ini menjadi aplikasi yang digunakan oleh Youtuber dan editor profesional yang lainnya.

2. Adobe After Effects

Pernah melihat Youtube "Kok Bisa?" dengan visualisasi gambar bergerak yang sangat bagus dilihat? Video di channel tersebut menggunakan Adobe After Effects untuk membuatnya. Mulai dari efek gerak, animasi, motion grafis, dan yang lainnya semua dikerjakan dengan software yang satu ini. Dan pastinya aplikasi Adobe After Effects digunakan oleh profesional editor untuk mengerjakan pekerjaan dengan skill yang tinggi.

Banyak sekali fitur yang tersedia sehingga kamu dapat membuat judul, intro, dan transisi film sinematik dengan aplikasi dari keluarga Adobe. AE (After Effect) juga sering digunakan oleh editor untuk mempercantik segala jenis video.

Untuk mendapatkan software ini kamu harus berlangganan 300 ribu setiap bulan. Tapi kalau belum ada dana kamu bisa menggunakan fitur uji coba gratis.

3. Movavi Video Editor Plus

Tentu kamu harus mencoba video editing yang satu ini. Movavi Video Editor Plus memiliki antarmuka pengguna yang mudah dipahami, transisi suara, Chroma keying, dan tools pembuatan film cepat. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memperbaiki dan meningkatkan video dengan sangat sempurna.

Fitur Montage Wizard dapat memungkinkan kamu membuat film secara otomatis hanya dengan memasukkan beberapa media ke dalam program. Ini cukup menarik karena kamu dapat membuat film secara instan.

4. VEGAS Pro

VEGAS Pro tentu ini menjadi pesaing dari produk Adobe, karena dari sisi fitur yang juga cukup lengkap dan mudah digunakan oleh pemula. Fitur basic editing juga sempurna, kamu bisa memotong, menggabungkan, menghilangkan suara dengan software ini. Ada banyak fitur seperti gradasi warna, teks dan judul, pengeditan multi kamera, dan yang lainnya.

5. Windows Movie Maker

Kalau yang satu ini buatan dari Microsoft jadi kamu bisa menikmati secara gratis hanya dengan instal Windows di komputer. Windows Movie Maker cukup kompatibel untuk segala urusan edit video sederhana. Kamu bisa membalik video hanya dengan aplikasi yang satu ini.

6. CyberLink PowerDirector

Seperti software yang lainnya dengan aplikasi kamu dapat menyusun film digital yang menarik, lengkap dengan transisi, efek, dan judul. Menariknya di software ini ada alat AI baru seperti AI Sky Replacement dan AI Audio Tools. Jika kamu merasa stok foto habis dapat menggunakan Getty iStock yang sudah terhubung langsung.

Banyak fitur menarik juga misalnya Transisi Baru, Font, dan LUTs yang dapat kamu manfaatkan untuk mempercantik video yang kamu buat.

7. FilmoraPro

Filmora Pro juga lagi naik daun karena mereka juga menawarkan fitur yang canggih di aplikasi tersebut. Ini bisa kamu coba dengan memanfaatkan fitur free trial sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan mengetahui segala isi dari Filmora Pro. Dukungan fitur bisa dikatakan bagus, dan untuk meringankan beban kamu bisa membeli lisensi lifetime (seumur hidup) supaya lebih hemat budget.

8. Avidemux

Pengalaman pengguna di Avidemux memiliki antarmuka yang cukup sederhana. Tidak seperti banyak editor video, tidak ada kumpulan pusat untuk mengimpor klip video, gambar, dan file audio, dan tidak ada garis waktu dengan banyak trek.

Namun, untuk pengeditan sederhana, itu sempurna. Memotong video semudah menggosok rekaman dan menyetel penanda awal dan akhir. Kamu juga dapat memotong, menyalin, dan menghapus bagian video, dan menambahkan satu klip ke klip lainnya. Meski tidak tersedia wipe atau transisi yang mencolok software ini cukup menarik untuk di coba.

9. Blender

Blender adalah rangkaian rangkaian pembuatan 3D open source dan gratis. Dikenal dengan animasi dan efek 3D, tetapi juga dilengkapi dengan editor video bawaan. Aplikasi ini mudah digunakan tetapi kamu harus memiliki spek komputer yang tinggi agar dapat memanfaatkan semua fitur yang disediakan.

Pokoknya kalau pakai Blender hasil dari video kalian tidak kalah keren dengan pakai software sekelas AE.

10. VSDC Pro Video Editor

VSDC Pro dijual dengan harga $19.99 yang dapat membuka fitur seperti Motion Tracking, Hardware Acceleration, Mask Tools, dan fitur yang lain. Sudah banyak pengguna VSDC Pro sekarang giliran kamu.

11. Kdenlive

Kdenlive termasuk aplikasi sumber terbuka yang gratis dapat kalian coba karena memiliki fitur yang mudah untuk digunakan. Walau tidak kaya fitur seperti yang berbayar tetapi Kdenlive bisa menjadi alternatif yang bagus buat kalian editor video tidak punya uang.

Memiliki ukuran file yang kecil dan mendukung banyak format video. Fitur yang ditawarkan juga cukup bagus seperti multiple trek video dan audio, tangkapan layar dan audio, sumber daya online font, transisi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

12. HitFilm Express

HitFilm Express antarmuka secara umum mirip dengan aplikasi lain yang sebanding, dengan tools import yang mendukung banyak video. Antarmuka sangat fleksibel, ada sejumlah ruang kerja yang telah tersedia, seperti Audio, Colorist, Compositing, dll, yang mengatur ulang jendela dengan cara yang lebih ideal untuk pekerjaan yang ada.

Ini versi gratis dari software HitFilm. Tentu saja tidak selengkap dengan versi Pro. Jadi harap dimaklumi.

Sebenarnya ada banyak lagi software video editor PC yang lainnya. Tapi dari beberapa aplikasi edit video untuk PC di atas sudah mewakili dan lebih dari cukup untuk kebutuhan teman-teman. Dari yang mulai gratis hingga harus berlangganan setiap bulan untuk mendapatkan lisensinya. Saran saja pakai video editor yang sering digunakan oleh orang lain, karena lebih banyak tutorialnya dibandingkan dengan yang sepi.

Referensi: kompunesia.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image