Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Milad Muhammadiyah Jadi Momentum Membumikan Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Edukasi | Saturday, 18 Nov 2023, 10:42 WIB
Lomba Cerdas Cermat AIK Semarak Hari Bermuhammadiyah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta (Dok. Zahro)

Dalam rangka memeriahkan Semarak Hari Bermuhammadiyah, Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar Lomba Cerdas Cermat Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (CCAIK) yang diikuti oleh pegawai dan tenaga pendidik seluruh fakultas yang ada di UAD. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 16 November 2023 di Lantai 1 Gedung Kedokteran Kampus IV UAD dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube LPSI UAD.

Perlombaan secara langsung dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) UAD Drs. Parjiman, M.Ag. Dalam sambutannya Parjiman mengucapkan selamat mengikuti acara lomba semarak milad Muhammadiyah ke-111 kepada seluruh tim yang berpartisipasi. “Kegiatan ini merupakan upaya kita untuk memunculkan nilai-nilai AIK dalam budaya. Mudah-mudahan melalui acara ini dapat lebih membumikan AIK di UAD,” ungkapnya.

Lomba Cerdas Cermat AIK diikuti oleh 13 tim dari seluruh pegawai, tenaga pendidik, dan unit kerja yang ada di UAD. Lomba terbagi dalam babak penyisihan dan final. Sebanyak 13 tim mengikuti babak penyisihan dengan menjawab soal secara bersamaan melalui web quizizz yang telah disediakan oleh panitia. Dalam babak penyisihan ini diambil 4 tim dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak final.

Dewan juri dalam lomba CCAIK terdiri atas Dr. Nur Kholis, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UAD, Rahmadi Wibowo S., Lc., M.A., M.Hum. selaku Kepala LPSI sekaligus dosen Program Studi Ilmu Hadis, dan Dr. Mhd Lailan Arqam, S.Pd., M.Pd. yang merupakan Wakil Sekretaris II Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Tim yang berhasil lolos ke babak final adalah Farmasi, FAI, Psikologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Keempat tim ini bersaing dengan menjawab soal, baik soal wajib, lempar, ataupun rebutan. Soal-soal terdiri atas keislaman dan seputar kemuhammadiyahan.

Pemenang Lomba CCAIK diraih oleh FAI sebagai juara I, Psikologi sebagai juara II, dan FEB sebagai juara III. Hadiah diberikan saat apel akbar pada Sabtu, 18 November 2023 di Lapangan Sepak Bola Kampus IV UAD. (Zah)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image