Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Seberapa Pentingkah Literasi Bagi Dunia Pendidikan di Era Digital ini?

Pendidikan dan Literasi | 2023-11-16 11:24:35
Sumber : dokumen pribadi

Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis. Namun literasi juga bisa di maknai sebagai "melek" visual, meliputi video, gambar, dan sebagainya. Namun secara umum yaitu, kemampuan seseorang mengolah dan memahami informasi bersumber dari membaca dan menulis. Di era digital ini maka tidak di pungkiri dunia pendidikan berkembang dengan pesat sehingga pendidikan saat ini cenderung di digitalisasi.

Rata-rata indeks aktivitas literasi masih tergolong rendah kehadiran teknologi digital seperti, smartphone memperkuat penurunan budaya membaca siswa saat ini, menjadikan siswa menjadi kurang aktif karena wawasan yang terbatas dan kurangnya kepercayaan diri siswa. Maka, seberapa pentingkah literasi di era pendidikan digital ini? dan seberapa besarkah pengaruh literasi bagi pribadi siswa saat ini?

Literasi sangatlah penting karena mampu mengembangkan kemampuan membaca, menulis, menyimak, dan berpendapat kritis. Maka dapat diambil kesimpulan, literasi mampu memperluas wawasan dan pengetahuan, mengembangkan sikap budi pekerti, dan mengasah kemampuan otak siswa.

Begitu juga pengaruh literasi menjadikan siswa yang berprestasi, siswa yang memiliki mindset yang lebih tertata untuk masa depannya, pribadi yang kreatif dan inovatif, dan pribadi mandiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image