1.059 Gempa Bumi Guncang Aceh Sepanjang 2021

Image
Kamaruddin
Info Terkini | Monday, 03 Jan 2022, 02:21 WIB
Ilustrasi gempa | Foto : Ist

Banda Aceh - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Aceh mencatat sebanyak 1.059 kali gempa bumi mengguncang wilayah Aceh dengan berbagai kekuatan (magnitudo) dan kedalaman sepanjang tahun 2021.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, mengatakan gempa bumi yang terjadi di Wilayah Aceh didominasi dengan gempa bumi dengan kekuatan di bawah 5 magnitudo (M) sebanyak 1.048 kali. Selebihnya 11 kali gempa berkekuatan di atas 5 magnitudo.

"Sebanyak 11 kejadian di atas 5, dengan magnitudo terbesar yaitu M 5.6 yang terjadi di Laut sebelah Barat Aceh pada tanggal 15 September dan 8 Oktober 2021," kata Andi dalam keterangannya, Sabtu 1 Januari 2021.

Berdasarkan kedalaman, kata Andi, gempa bumi dengan kedalaman dangkal atau kedalaman kurang dari 60 kilometer sebanyak 958 kali. Sedangkan untuk gempa bumi dengan kedalaman menengah dan dalam atau lebih dari 60 km terjadi sebanyak 100 kali dan 1 kali gempa bumi dengan kedalaman 300 km.

"Sebanyak 1.059 kali gempa bumi yang terjadi di wilayah Aceh itu tercatat 29 gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat," ungkap Andi.

Andi menyebutkan berdasarkan peta seismisitas wilayah Aceh pada tahun 2021 terlihat bahwa wilayah segmen patahan Aceh yang terletak membentang dari Barat Laut Banda Aceh hingga Aceh Barat bagian Timut merupakan wilayah dengan tingkat keaktifan gempa bumi (seismisitas) tinggi.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, bersikap tenang, tidak panik dan tidak terpancing oleh informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Peningkatan kapasitas masyarakat sangat diperlukan untuk menghadapi ancaman bahaya gempa bumi. Serta, pastikan sumber informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarluaskan dibeberapa kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Objek Wisata di Banda Aceh Diimbau Tutup, Waspada Omicron Hingga Kerumunan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mengingat bersama dengan menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Azyumardi Azra Dianugerahi Life Achievement Filantropi dalam Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Daftar Pemenang Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Proses Afiksasi (Imbuhan Prefiks) Pada Cerpen Mei Tak Pernah Bisa Menulis Karya Ahda Imran

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image